8 Negara Ramaikan Kite Festival Pangandaran 2019

Kite Festival Pangandaran 2019
Kite Festival Pangandaran 2019 bakal diramaikan oleh peserta dari 8 negara. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Momen tahunan setiap bulan Juli kembali digelar di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Momen tersebut adalah Kite Festival Pangandaran 2019. Tahun ini, peserta dari 8 negara bakal meramaikan festival yang dikenal juga sebagai Festival Layang-layang Pangandaran.

“Kegiatan ini sejak awal bertujuan untuk menarik minat wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten pangandaran,” ujar hal tersebut Undang Sobarudin selaku Kepala Dinas Pariwisata Pangandaran saat ditemui HR Online, Jum’at (12/7/2019) di Ketapang Doyong, Pangandaran tempat festival tersebut akan berlangsung. 

Menurut Undang, persiapan untuk mengelar event tahunan ini sudah dilakukan sejak tiga bulan ke belakang.

“Alhamdulillah bisa terwujud, meskipun dengan anggaran biaya yang pas pasan Kite Festival Pangandaran 2019 ini bisa digelar,” kata dia.

Undang menambahkan peserta Festival Layang-layang kali ini ada yang berasal dari luar negeri. “Kalau untuk peresmian Kite Festival sendiri rencananya akan dibuka oleh Bupati Pangandaran besok, Sabtu (13/7/2019) pagi,” katanya.

Sementara itu, ketua Persatuan Layang-layang Pangandaran atau Perlap, Kokos Koswara saat dimintai keterangan oleh HR Online, mengatakan Festival Layang-layang Pangandaran 2019 diikuti oleh peserta yang berasal dari 18 kabupaten/kota di Indonesia dan juga 8 peserta dari luar negri.

“Pihak panitia juga telah menyiapkan juri untuk penilaian Festival Layang-layang ini, dan jurinya tentu adalah juri profesional  yang ahli di bidangnya,” kata Kokos.

Kokos berharap Kite Festival Pangandaran 2019 bisa mendongkrak kunjungan wisawatan ke Pangandaran.

“Terutama wisatawan dari mancanegara makanya Festival ini dibuat dalam lingkung internasional bukan hanya nasional saja, setidaknya ada peserta dari 8 negara untuk tahun ini. Mudah-mudahan untuk tahun depan bisa bertambah lagi,” pungkasnya. (Entang/R7/HR-Online)