Ada Spanduk Larangan Memancing, Obyek Wisata Situ Wangi Ciamis Sepi Pengunjung

Obyek Wisata Situ Wangi Ciamis
Spanduk larangan memancing di Obyek Wisata Situ Wangi Ciamis. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Obyek Wisata Situ Wangi Ciamis yang berada di Desa Winduraja Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat sejak dua bulan terakhir sepi pemancing.  Bibir Situ yang biasanya dipadati para pemancing mania kini tampak lengang. Hal itu diduga lantaran ada spanduk yang melarang aktivitas memancing di Situ Wangi.

Sardi, warga setempat mengatakan, Situ Wangi biasanya banyak dikunjungi warga untuk menghilangkan kepenatan. Terutama para penggemar mancing. Hal ini karena Situ Wangi airnya jernih juga memiliki beragam jenis ikan.

“Para pemancing yang datang ke Situ Wangi biasanya cuma mengisi waktu sambil nunggu sore. Karena, selain jenis ikannya banyak, memancing di Situ Wangi lokasinya mengasikkan apalagi bersama keluarga,” kata Sardi kepada HR Online, Minggu (21/7/2019).

Lanjut Sardi, aktivitas memancing ikan memang digemari banyak orang, terlebih jika berhasil mendapatkan ikan dalam jumlah banyak. Namun, setelah Situ Wangi dikelola oleh karang taruna yang bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Ciamis, di Situ Wangi untuk  sementara waktu tidak  diperbolehkan memancing.

“Di kawasan Situ sekarang dipasang spanduk, yang isinya barang siapa memancing di Situ Wangi akan dikenakan sanksi dan diproses sesuai hukum yang berlaku,” terangnya.

Akibat pemasangan spanduk tersebut, maka tak heran jika kini tidak ada lagi pemancing yang berani memancing di Obyek Wisata Situ Wangi Ciamis.

“Memang tidak semua warga yang datang gemar memancing. Namun, kebanyakannya hanya sekedar mencari hiburan sambil refreshing atau datang menonton ramainya aktivitas para pemancing,” jelas Sardi.

Menurutnya, dengan adanya spanduk larangan memancing di Situ Wangi bukan hanya tidak ada para pemancing namun, pengunjung yang biasanya datang dan sekedar bermain atau duduk  di sekitar Situ Wangi juga menjadi sepi.

“Biasanya yang datang juga tujuannya menonton para pemancing, jadi ketika pemancing tidak ada maka pengunjung lainnya juga jadi jarang yang datang, makanya jadi sepi seperti sekarang,” tuturnya. (Edji/R7/HR-Online)