Akibat Tertimbun Longsor, Sawah di Ciamis Jadi Tidak Produktif

Tertimbun longsor
Areal pesawahan di Dusun Cibogor, Desa Panawangan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, yang tidak bisa digarap lagi lantaran tertimbun longsor. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bencana longsor yang terjadi beberapa bulan lalu, mengakibatkan, areal pesawahan di Dusun Cibogor, Desa Panawangan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, tidak bisa digarap lagi lantaran tertimbun longsor.

Sawah yang semestinya ditanami padi itu dibiarkan begitu saja lantaran timbunan material tanah longsoran tebal.

Iwan, petani setempat, ketika ditemui Koran HR, Minggu (07/07/2019), mengatakan, sebagian areal pesawahan yang berada di Dusun Cibogor tidak bisa ditanami padi. Hal itu terjadi karena areal sawah tersebut tertimbun tanah longsor.

“Para pemilik lahan tidak sanggup membersihkan material tanah longsor yang lumayan tebal,” katanya.

Menurut Iwan, sudah hampir tiga kali musim panen areal sawah di wilayah itu dibiarkan tertimbun tanah longsor.

Senada dengan itu, Udin, petani lainnya, ketika ditemui Koran HR, Minggu (07/07/2019), mengatakan, para pemilik sawah bukannya tidak ingin menggarap areal tersebut.  Namun,  pada umumnya tidak memiliki biaya untuk mengangkat material tanah yang menimbun sawah mereka.

“Perlu ada sinergitas antara petani dengan pihak-pihak terkait. Sebab, selama tidak ada upaya dan usaha yang sinergis, dapat dipastikan areal pesawahan yang tadinya produktif jadi mubazir,” pungkasnya. (Edji/Koran HR)