Aplikasi Facebook, WhatsApp dan Instagram Sempat Down, Ini Penjelasan Facebook

Aplikasi WhatsApp, Instagram dan Facebook. Photo : Net/Ist.

Berita Teknologi (harapanrakyat.com),- Secara serentak aplikasi Facebook, WhatsApp dan Instagram sempat down beberapa jam pada Rabu malam kemarin hingga dini hari tadi, dan pada Kamis (04/07/2019) pagi sudah kembali normal sepenuhnya.

Melalui akun Twitter resminya, Facebook pun langsung mengkonfirmasi dan meminta maaf atas kejadian tersebut. Permintaan maaf juga disampaikan Instagram melalui akun Twitternya, sekaligus mengungkapkan bahwa sudah kembali normal 100 persen.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (04/07/2019), DownDetector yang memantau masalah situs web dan aplikasi, menyebutkan, aplikasi Facebook, WhatsApp dan Instagram mulai perlahan membaik pada pagi hari, 4 Juli 2019.

Tumbangnya layanan tersebut tidak mempengaruhi semua gambar, karena banyak gambar di Facebook dan Instagram masih bisa memuat, namun yang lainnya terlihat kosong.

DownDetector juga menerima laporan mengenai orang yang tidak dapat memuat pesan di Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp yang memang kerap mengalami down pada 2 tahun terakhir ini.

Awalnya gangguan tersebut diduga karena adanya rencana untuk integrasi tiga aplikasi milik Facebook Inc. tapi, sampai saat ini Facebook tidak pernah mengungkapkannya secara resmi mengenai gangguan itu.

Memang aplikasi dan situs web sering kali mengalami gangguan karena kompleksitas layanan yang mereka tawarkan. Namun, gangguan tersebut bisa merugikan lantaran banyaknya pengguna yang mempunyai banyak layanan ini.

Seperti halnya pemadaman Facebook yang akan mempengaruhi sejumlah aplikasi populer, dan aplikasi populer itu secara kolektif memiliki miliaran pengguna yang bergantung padanya. Ketika layanan tersebut menjadi penting bagi bisnis dan komunikasi, maka hal itu merupakan masalah besar.

Seperti diinformasikan sebelumnya, hari Rabu (03/07/2019) malam waktu Indonesia, semua layanan di bawah naungan Facebook Inc., yaitu Facebook, WhatsApp, dan Instagram dilaporkan bermasalah.

Banyak pengguna yang mengeluh akibat tidak dapat menunduh serta mengunggah file media, seperti foto maupun video.

Ada juga pengguna yang mengeluh karena tidak bisa menerima maupun mengirim pesan. Seperti halnya pengguna Facebook yang kesulitan log-in dan tidak dapat memuat Facebook Stories. Sedangkan, pengguna Instagram mengaku gagal memuat Stories.

Dalam situs developer Facebook, tim Facebook mengklaim terdapat masalah pada platform API. Situs DownDetector.com menunjukkan Facebook, Whatsapp, dan Instagram mulai bermasalah Rabu malam kemarin, sekitar pukul 21.00 WIB.

Sebagian besar gangguan terkonsentrasi di benua Amerika dan Eropa, namun banyak juga dialami oleh para pengguna ketiga layanan tersebut di Indonesia.

Gangguan pada aplikasi Facebook, WhatsApp dan Instagram berlangsung selama beberapa jam hingga Kamis dini hari tadi, sebelum akhirnya Facebook menyatakan kalau masalah itu sudah berhasil diatasi oleh pihaknya. (Eva/R3/HR-Online)