Atap Ambrol, Rumah Seorang Nenek di Ciamis Terancam Ambruk

rumah di ciamis terancam ambruk
Rumah Darti (60) warga Dusun Sambungjaya RT 11/05 Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat bagian atapnya ambrol dan terancam ambruk. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Faktor ekonomi membuat Darti (60) warga Dusun Sambungjaya RT 11/05 Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis tak berdaya saat atap rumahnya ambrol akibat lapuk dimakan usia. Hal ini membuat kondisi rumah Darti sewaktu-waktu bisa ambruk.

Darti mengungkapkan, dirinya hanya bisa pasrah dengan kondisinya saat ini. Bahkan ketika atap rumahnya ambrol, sang nenek yang hidup bersama dua orang anak dan satu cucunya ini pun tak bisa berbuat banyak.

“Mau gimana lagi? Uang untuk memperbaiki atap gak punya, ya saya hanya bisa pasrah,” kata Darti kepada HR Online, Jum’at (12/7/2019).

Hal tersebut dibenarkan oleh kepala Dusun Sambungjaya, Hanif Hidayat. Menurutnya, rumah Darti sudah lapuk sehingga membahayakan keselamatan jiwanya.

“Rumahnya memang sudah lapuk dan sudah tidak layak huni, sehingga siang tadi atapnya ambrol. Beruntung tidak menimpa penghuninya,” katanya.

Untuk menangani masalah ini, kata Hanif, pihaknya tengah berusaha berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, agar keluarga Darti bisa mendapatkan bantuan.

“Harapannya sih Pemkab Ciamis bisa memberikan bantuan bedah rumah untuk keluarga Nek Darti ini. Kasihan dia sudah tua dan masih mempunyai tanggungan keluarga. dua anaknya juga belum bekerja, sehingga beban keluarga begitu berat,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan informasi di lapangan, atap bagian depan dan belakang rumah Darta ambrol cukup parah pada Jum’at (12/7/2019) siang. Beruntung ketika kejadian, Darti bersama keluarganya sedang berada di luar rumah, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. (Suherman/R7/HR-Online).

Loading...