Terlalu Sering Minum Kopi Berbahaya Bagi Kesehatan, Hati-hati Coffee Lovers!

Terlalu sering minum kopi bisa menimbulkan efek samping yang membahayakan bagi kesehatan tubuh. Photo : Ilustrasi.

Terlalu sering minum kopi bisa menimbulkan efek samping yang membahayakan bagi kesehatan tubuh. Bagi sebagian orang, kebiasaan mengonsumsi minuman tersebut sulit ditinggalkan. Kebiasaan itu umumnya dilakukan para pekerja di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kopi bisa membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak, sehingga stamina meningkat, sistem saraf pusat terangsang, dan menetralkan tubuh dari polusi udara, asap, hingga paparan sinar ultraviolet.

Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi kopi setiap saat dan setiap hari. Karena, terlalu sering minum kopi juga bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh Anda.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Minggu (28/07/2019), berikut ini sejumlah efek berbahaya yang mengintai kesehatan tubuh Anda jika terlalu sering minum kopi.

Terkena Diabetes

Penelitian yang dilalukan oleh American Diabates Association membuktikan bahwa kafein mampu merusak metabolisme glukosa pada penderita diabetes tipe 2. Jadi, bagi Anda yang sudah terkena penyakit diabetes tipe 2 sebaiknya hindari mengonsumsi kafein jika tidak ingin memiliki kadar gula darah yang tinggi.

Memicu Detak Jantung Lebih Cepat

Menurut seorang pakar kesehatan dan nutrisi, dr. Jansen Ongko, MSc., RD., konsumsi kopi yang berlebihan bisa memicu detak jantung lebih cepat dari biasanya. Hal ini terjadi pada orang-orang yang punya masalah kesehatan jantung.

Penyakit Jantung

Bahaya terlalu sering minum kopi juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi secangkir kopi atau bahkan bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, terutama bagi seseorang yang punya mutase genentik tertentu, yakni mutase gen yang membuat proses pemecahan kafein dalam tubuh menjadi lebih lambat.

Masalah Pencernaan

Sebagian orang beranggapan bahwa kopi merupakan stimulan yang bisa meningkatkan metabolisme, sehingga dapat menurunkan berat badan. Anggapan tersebut membuat seseorang yang sedang diet mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Padahal, mengonsumsi kopi secara berlebihan justru akan membahayakan kesehatan tubuh. Karena, mengonsumsi kopi terlalu sering menyebabkan munculnya peningkatan asam lambung, diare, munculnya sindrom iritasi pada usus, dan tubuh akan mengalami dehidrasi.

Menyebabkan Inkontinensia

Bahaya keseringan minum kopi juga bisa menyebabkan inkontinensia, yakni kondisi ingin buang air kecil secara terus-menerus, atau bisa dibalang tidak dapat mengkontrol buang air kecil.

Penelitian yang dilakukan Universitas Alabama menyatakan bahwa, mengonsumsi kafein sebesar 70 persen bahkan lebih akan meningkatkan inkontinensia, terutama bagi wanita. Jadi, sebaiknya batasi konsumsi kopi atau kafein dalam setiap harinya.

Insomnia

Bisa dipastikan hampir semua orang mengetahui atau bahkan mengalami hal ini. Kafein yang terkandung dalam kopi bisa menyebabkan gangguan tidur, seperti insomnia. Namun, bagi kaum millenials, tak sedikit dari mereka yang bukannya menghindari masalah tersebut, tapi justru malah dimanfaatkan untuk produktivitas kerja mereka.

Darah Tinggi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Charalambos Vlachopoulos, MD, mengungkapkan bahwa, kafein dapat meningkatkan kekakuan secara cepat terhadap arteri besar bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Kolesterol Meningkat

Sebuah penelitian lainnya menyebutkan bahwa mengonsumsi lima cangkir kopi setiap hari berpotensi tinggi meningkatkan kadar kolesterol darah hingga 8 persen. Hal ini akibat adanya kandungan minyak terpene di dalam kopi.

Mengganggu Kesehatan Janin

Minum kopi saat hamil sebetulnya masih diperbolehkan, tapi harus dengan jumlah yang sedikit. Jika ibu hamil mengonsumsi kopi dengan jumlah yang berlebihan bisa mengganggu kesehatan janin yang dikandungnya.

Pasalnya, kopi yang berlebihan masuk ke dalam tubuh akan menghambat laju perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Bahkan, mengonsumsi kopi secara berlebihan juga bisa menyebabkan wanita hamil mengalami keguguran.

Menyebabkan Osteoporosis

Bahaya sering konsumsi kopi lainnya adalah bisa menyebabkan munculnya osteoporosis. Hal ini dikarenakan kopi mampu mengikis kalsium yang ada di dalam tubuh, terutama tulang yang nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

Dengan terjadinya pengikisan kalsium tersebut, kopi juga bisa mengakibatkan tulang menjadi lemah. Jika Anda menderita osteoporosis, sebaiknya konsumsi kopi maksimal 300 mg dalam setiap harinya. Namun, Anda juga harus mengonsumsi kalsium untuk bisa menyeimbangkannya.

Asam Lambung Meningkat

Senyawa kafein atau katekol yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung secara signifikan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini perlu diperhatikan, khususnya bagi mereka yang punya masalah lambung atau penyakit maag.

Pencernaan Terganggu

Ternyata kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat mempengaruhi pencernaan. Terlalu sering minum kopi bisa menyebabkan sakit perut, apalagi kalau perut masih dalam keadaan kosong.

Itulah beberapa efek berbahaya bagi kesehatan tubuh akibat terlalu sering minum kopi. Jadi sebaiknya kurangi konsumsi kopi agar terhindar dari efek berbahaya tersebut di atas. (Eva/R3/HR-Online)