Banyak KPM Program BPNT di Ciamis Tak Kebagian Jatah

BPNT di Ciamis
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Ciamis kini meradang. Pasalnya sejak empat bulan terakhir ini, mereka tidak kebagian jatah beras dan telur dari bantuan BPNT.

“Kata petugas agen BPNT, katanya di kartu BPNT milik saya saldonya kosong, sehingga tidak bisa lagi menerima bantuan BPNT,” ujar Oyom salah satu penerima BPNT asal Dusun Guha, RT 19 RW 08, Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat Senin (22/7/2019) kepada HR Online.

Kata Oyom, sudah empat bulan dirinya tidak lagi mendapatkan bantuan BPNT. Tak hanya dirinya, tetangga yang biasa menerima BPNT juga mengalami hal sama.

“Tiap ada penyaluran beras dan telur BPNT, saya selalu datang tapi setelah dicek tak ada juga saldonya, ini yang membuat saya bingung,” ucapnya.

Oyom mengaku bingung dengan tidak adanya saldo tersebut. Dirinya sempat mengira dirinya sudah dihapus dari daftar KPM bantuan BPNT, namun yang membuatnya heran tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

“Dari desa juga tidak ada informasi apa-apa, ya kalau dihapus dari kepesertaan penerima BPNT harus ada pemberitahuan kan,” jelasnya.

Oyom sendiri merupakan janda tua yang hidup bersama anaknya di rumah semi permanen. Anaknya hanya bekerja serabutan dan berpenghasilan tidak tetap.

“Kalau boleh mah, ingin tetap dapat bantuan BPNT, karena saya merasa terbantu untuk pemenuhan makan,” tandasnya.

Sementara itu, petugas agen BPNT Desa Handapherang, Dindin mengakui beberapa KPM tidak mendapatkan lagi bantuan BPNT. Hal tersebut karena kartu BPNT milik penerima tidak memiliki saldo.

“Ada sekitar 30-an KPM yang tidak menerima bantuan BPNT sejak 4 bulan lalu,” katanya.

Namun demikian, kata dia, mulai bulan Juli 2019 ini ada KPM baru yang menerima BPNT sebanyak 30 orang. Pihaknya mengaku tidak tahu persis dengan persoalan tersebut.

“Tidak tahu, apakah ada pertukaran penerima atau seperti apa, kami hanya membagikan beras dan telur bantuan BPNT kepada KPM yang kartu BPNT-nya memiliki saldo senilai Rp 110.000,” tandasnya. (Jujang/R7/HR-Online)