Bapenda Jabar Apresiasi Kader Penggerak Wajib Pajak Priangan di Pangandaran

Bapenda Jabar
Bappeda Jabar saat berfoto bersama kepala daerah dan kader penggerak pajak se Priangan di Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Bapenda Jabar memberikan Anugerah Pajak Kendaraan Bermotor (APKB) se Priangan tahun 2019 di salah satu hotel di Pangandaran, Jum’at (26/7/2019).

Diketahui, pemberian anugerah APKB tersebut merupakan apresiasi kepada 4 kabupaten/kota, 7 kecamatan dan 15 kader penggerak taat pajak.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Bapenda Jabar, Dedi Sutardi, mengatakan, pemberian tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap kader penggerak taat pajak kendaraan bermotor, baik di lingkungan pemerintah, kecamatan maupun dari masyarakat.

“Tujuan dari ini adalah untuk mewujudkan masyarakat sadar perpajakan serta terjaminnya tertib pemungutan pajak kendaraan bermotor sesuai ketentuan,” kata Dedi Sutardi.

Dedi menyebut, pihaknya telah melakukan verifikasi di 5 wilayah sejak 31 April hingga 23 Mei 2019. Penilaian tersebut dimaksudkan untuk mengetahui kreativitas, koordinasi serta program kerja dalam pengelolaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) para peserta dalam membangun sinergi intensifikasi PKB, dan perpajakan daerah lainnya di wilayah kerjanya memalui program kerja yang telah disampaikan. 

“Adapun tim jurinya itu independen sebanyak lima orang yang berasal dari kalangan Perguruan Tinggi di Bandung, yang dibentuk dengan Keputusan Gubernur Jawa Barat. Sedangkan hadiah yang diberikan adalah 2 Sepeda Motor Yamaha N-Max, Piagam Penghargaan serta trophy untuk 10 kader terbaik,” imbuh Dedi.

Sedangkan untuk kategori kecamatan, lanjut Dedi, hadiahnya berupa kendaraan roda 4 sebanyak 5 buah merk Honda HRV untuk 5 kecamatan. Sedangkan untuk pemerintah daerah diberikan hadiah berupa kendaraan roda 4 sebanyak 3 unit Toyota All New Hilux Double Cabin.

“Untuk 4 daerah di Priangan yang lolos verifikasi yakni Sumedang, Garut, Pangandaran dan Kota Banjar. Sedangkan untuk 7 kecamatan yaitu Cipaku dan Purwadadi Kabupaten Ciamis, Cimalaka Sumedang, Cilawu Garut, Cipedes dan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, dan Langensari Kota Banjar. Sedangkan untuk kader taat wajib pajak adalah Deden Sutrisno dan Hetty Andorina (Sumedang), Muhammad Ridwan dan Jajat Sudarajat (Garut), Aris Sihabudin dan Iis Heryani (Kota Tasikmalaya), Ami Imron Tamami (Kab Tasikmalaya), Ai Yeni, Yaya Mulyawati, Hatinnurahman, Sandi Nugraha dan Triyani Fadillah (Ciamis), Paijan dan Hamdani Iskandar (Pangandaran), serta Yayat Hadiat Husen Bayubaru (Banjar),” pungkasnya. (Mad/R6/HR-Online)