Warga di Ciamis Ini Bersihkan Sungai Cimamut dari Sampah Plastik

Warga Desa Mekarjadi, Kecamatan Maleber, bergotong-royong membersihkan sampah yang berserakan di dasar Sungai Cimamut, Selasa (23/07/2019). Foto : Eli Suherli/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-Warga Desa Mekarjadi, Kecamatan Maleber, bergotong-royong membersihkan sampah plastik yang berserakan di dasar Sungai Cimamut, Selasa (23/07/2019). Hal itu sebagai upaya menciptakan sungai yang bersih, terutama dari sampah plastik yang terbawa arus dan tersangkut di bebatuan.

Rina, warga Mekarjaid, ketika ditemui Koran HR, Selasa (23/07/2019), mengatakan, kegiatan bersih-bersih sampah di Sungai Cimamut tersebut merupakan bentuk kepedulian warga terhadap kebersihan lingkungan.

“Karena aliran air sungai tidak deras dan musim kemarau, sehingga banyak sampah plastik terlihat nyangkut di bebatuan. Sampah ini harus dibersihkan. Warga pun peduli membersihkannya supaya Sungai Cimamut terbebas dari sampah plastik,” katanya.

Menurut Rina, sebetulnya jika aliran sungai deras sampah akan terbawa arus sungai. Namun saat kemarau dengan aliran air kecil, maka sampah menumpuk. Terlebih masih banyak warga yang buang sampah ke sungai secara sembarangan. Padahal dampaknya tidak baik karena sampah dapat mencemari sungai dan lingkungan.

Karyo, Lurah setempat, ketika ditemui Koran HR, Selasa (23/07/2019), mengatakan, kegiatan bersih-bersih Sungai Cimamut rutin dilakukan. Kegiatan itu ditujukan agar Sungai Cimamut terbebas dari sampah plastik.

“Sekali kegiatan bersih-bersih, pasti dapat banyak sampah. Karena di sepanjang aliran Sungai Cimamut banyak berdiri bangunan rumah warga. Masih banyak warga yang membuang sampah ke sungai,” katanya

Menurut Karyo, biasanya kegiatan membersihkan sungai dilakukan setiap bulan, atau jika diperlukan dan juga kondisi sungai penuh dengan sampah. Akan tetapi jika musim penghujan, Sungai Cimamut selalu bersih karena sampah terbawa arus sungai. (Es/Koran-HR)