BPBD Ciamis Kembali Kirim Air Bersih ke Desa Kertahayu Pamarican

Warga Desa Kertahayu
Warga Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mendapatkan kiriman 2 tangki air bersih dari BPBD Ciamis, Kamis (18/7/2019).

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terus mendistribusikan air bersih ke wilayah Kecamatan Pamarican. Kali ini, giliran ratusan warga Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis yang merasa gembira saat dua tangki air bersih datang pada Kamis (18/07/2019) siang.

Pantauan HR Online di lapangan, sejumlah warga dari tiga dusun di Desa Kertahayu saat ini menerima bantuan air bersih dari BPBD Kabupaten Ciamis.

Kepala Dusun Tamansari, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kusnadi saat ditemui HR Online, mengatakan. sebanyak 700 jiwa warga Desa Kertahayu saat ini sudah mengalami kekurangan air bersih.

“Ada tiga dusun. yaitu Dusun Tamansari, Dusun Cisaat dan Dusun Kertaharja yang mengalami krisis air bersih. rata rata mereka kini memanfaatkan air sungai Ciseel dan Sungai Citalahab untuk kebutuhan bersih-bersih,” katanya.

Dengan kondisi kemarau seperti saat ini, lanjut Kusnadi, Pemerintah Desa Kertahayu langsung melayangkan surat permohonan ke BPBD Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah permohonan air bersih yang kami layangkan, direspon pihak BPBD Ciamis, sehingga hari ini BPBD menyalurkan bantuan air bersih sebanyak dua tangki,” terangnya.

Berdasarkan informasi di lapangan, selama dua bulan ini warga di tiga dusun merasakan kesulitan untuk mendapatkan air bersih. mereka pun gembira saat adanya pengiriman air bersih. Dua tangki air bersih yang dikirim BPBD Ciamis pun langsung diserbu ratusan warga.

Baca Juga: Tak Perlu Jalan 2 KM, Warga Pamarican Dapat Kiriman Air Bersih dari BPBD Ciamis

Sementara itu, pada pemberitaan sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis juga mendistribusikan air bersih untuk warga Desa Margajaya, Kecamatan Pamarican, Selasa (16/07/2019) lalu.

Kepala Bidang Kedaluratan dan Logistik BPBD Ciamis, Ani Supiani mengatakan, pihaknya mengirimkan air bersih untuk warga Desa Margajaya.

“Kami mengirimkan dua tangki air bersih untuk warga Desa Margajaya. Ada empat dusun saat ini yang sudah mengalami kesulitan air bersih, diantaranya Dusun Citalem, Dusun Cimarga, Dusun Pasirangin, dan Dusun Sukasari. Semuanya ada 11 RT dengan jumlah 532 Kepala Keluarga,” terangnya.

Langkah yang dilakukan oleh BPBD Ciamis, kata Ani, melakukan peninjauan awal lokasi kekeringan serta survey jalur pendistribusian.

“Saat ini memang hampir semua warga Desa Margajaya sudah mengalami kekurangan air bersih. dari hasil peninjauan kami di lapangan, selama ini warga selalu memanfaatkan air sungai Cigerentel dan Cipamutih yang jaraknya cukup jauh sekitar 500 hingga 2000 meter,” terangnya. (Suherman/R7/HR-Online)