Camat Jatinagara Dorong Destinasi Wisata Gunung Sindangrasa Ciamis Segera Dibenahi

Wisata Gunung Sindangsari Ciamis
Salah satu wisata Gunung di Ciamis, Gunung Sindangsari, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Potensi wisata Gunung Sindangrasa Ciamis yang berada di Desa Cintanagara, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mesti dimaksimalkan. Alam yang asri dengan pemandangannya yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan nantinya.

Camat Jatinagara Kabupaten Ciamis, Drs Asep Sutrisna M.Si mendorong potensi wisata Gunung Sindangrasa segera dibenahi agar destinasi wisata bisa terwujud. 

“Potensi tersebut perlu digali dan dikembangkan secara partisipatif oleh masyarakat setempat, sebelum dikenalkan kepada investor,” ucapnya. 

Kata dia, Pemerintah Kecamatan Jatinagara melalui pemerintah kabupaten/instansi terkait akan mengusulkan lokasi tersebut dalam salah satu program gubernur Jabar yaitu ‘Satu Desa Satu Lokasi Wisata’.

Menurutnya, sejak awal dalam Musrenbang Desa Kecamatan sudah meminta pemerintah Desa untuk menanam pohon yang menunjang pariwisata, seperti pohon pinus atau Cemara di sepanjang jalan Desa yang menuju ke lokasi tersebut. 

“Sebagai langkah awal, kami menyarankan Bumdes dapat membangun minimal 2 homestay rumah panggung sedehana, ciri khas rumah nyunda dan fasilitas MCK yang memadai, agar mampu menyedot perhatian pengunjung,” ungkap Asep. 

Pihaknya memohon dukungan semua pihak supaya keinginan masyarakat Cintanagara dapat terwujud, karena industri pariwisata alam banyak diminati warga perkotaan. 

Lebih jauh Asep mengatakan, dengan adanya pengunjung dari luar, maka kegiatan perekonomian masyarakat akan terus meningkat, yang pada akhirnya semua yang terkena dampak wisata tersebut akan meningkat kesejahterannya. 

“Yang terkena dampak antara lain, petani, pedagang, penjual jasa travel, parkir, pemandu wisata dan lain-lain,” jelasnya. 

Bukan hanya wisata pertanian, di lokasi tersebut cocok juga untuk dibuat jalur hiking atau jalur sepeda gunung.

“Bahkan Bumdes perlu segera menjajaki dan bekerjasama dengan investor untuk membangun waterbom di lokasi tersebut,” tandasnya.

Baca Juga: Tawarkan Keindahan Alam, Ini Lokasi Camping Terbaru di Ciamis

Diberitakan sebelumnya, Bumdesa Maju Lancar Desa Cintanagara Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, akan mengembangkan destinasi wisata Gunung Sindangrasa Ciamis. Saat ini mulai dijajaki sebagai lokasi wisata untuk kemah atau camping para pecinta alam. (Jujang/R7/HR-Online)