Dilakukan Secara Online, Begini Cara Pendaftaran CPNS 2019

Cara Pendaftaran CPNS 2019
Cara pendaftaran CPNS 2019. Foto: Net/Ist

Cara pendaftaran CPNS 2019 dilakukan secara online melalui situs SSCN milik BKN. Sebelum Anda mendaftar lewat online, pastikan dokumen persyaratan CPNS 2019 sudah dilengkapi.

Pemerintah melalui BKN (Badan Kepegawaian Negara Negara) bakal menggelar tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Rekruitmen ASN ini rencananya akan dilaksanakan pada Oktober mendatang. Sebelumnya akan digelar juga perekrutan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) Tahap II pada bulan Agustus.

Cara pendaftaran CPNS 2019 kemungkinan masih sama seperti halnya tes CPNS pada tahun sebelumnya. Hal ini diungkapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Karena itu, apabila dilihat dari pendaftaran CPNS tahun 2018 lalu, tata cara pendaftaran CPNS 2019 bisa dilihat melalui pendaftaran online dalam Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Nasional tahun 2018 yang dikeluarkan oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Berita Terkait: CPNS Kota Banjar 2019, Pemkot Usulkan 2106 Kuota ASN dan PPPK

Pastikan sebelum melakukan pendaftaran CPNS 2019 melalui online, Anda juga telah memenuhi persyaratan pendaftaran CPNS 2019. Jika sudah, berikut tahapan pedaftaran CPNS seperti yang tercantum dalam Buku Pendaftaran keluaran BKN:

Pertama, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu di situs SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional) milik BKN.

Caranya, Anda isi NIK, Nomor KK, atau bisa juga NIK Kepala Keluarga.

Lalu isi alamat email, pastikan email yang masih aktif. Isi password dan jawab pertanyaan pengaman password.

Selanjutnya Unggah pas photo dengan ukuran 120 KB sampai maksimal 200 KB.

Setelah selesai Anda tinggal mencetak kartu informasi Akun Anda.

Kedua, setelah berhasil membuat akun, Anda Log in ke situs SSCN milik BKN. Jangan lupa gunakan NIK dan juga password yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

Ketiga, Anda unggah foto selfie sambil memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun yang telah Anda cetak sebelumnya.  

Keempat, lengkapi biodata dengan mengisinya sesuai identitas diri Anda.

Kelima, pilihlah instansi, jenis formasi, dan jabatan yang Anda kehendaki.

Ketentuannya, Anda hanya bisa memilih satu instansi, satu formasi, dan satu jabatan saja.

Cek resume Anda dan pastikan data telah terisi dengan benar, termasuk juga pastikan instansi, formasi, dan jabatan yang Anda pilih dan Anda isi sudah benar.

Ketujuh, Anda tinggal mengirim data yang sudah Anda isi tadi.

Anda hanya tinggal klik ‘simpan data’ yang telah diperiksa dalam resume. Sekali lagi, pastikan data yang sudah Anda isi sebelumnya terisi dengan benar dan juga lengkap.

Ingat data yang telah dikirim (Anda sudah tekan klik ‘kirim’) maka tidak bisa diubah apapun alasannya, karena itu harus benar-benar lengkap dan benar.

Kedelapan, Cetaklah Kartu Pendaftaran SSCN.

Cetak dan simpan baik-baik Kartu Pendaftaran SSCN, kartu ini merupakan bukti bahwa Anda telah menuntaskan proses pendaftaran lewat SSCN.

Itulah cara pendaftaran CPNS 2019 lewat online, pastikan Anda mendaftar dengan benar dan cek terlebih dahulu data yang Anda isi sebelum mengirimkannya. (Ndu/R7/HR-Online)

Berita Terkait:

Dibuka Oktober, Ini Dokumen CPNS 2019 yang Perlu Dipersiapkan Pelamar

Pendaftaran CPNS 2019 Segera Dibuka, Ini Pesyaratan yang Harus Dipenuhi Pelamar