Kebotakan Bisa Dicegah dengan Mengonsumsi 6 Jenis Buah ini

Kebotakan bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan. Photo : Ilustrasi.

Kebotakan bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan. Seperti diketahui bahwa kerontokan rambut yang berlebihan dapat menyebabkan penipisan, bahkan sampai botak.

Selain itu, dengan bertambahnya usia berujung pula pada perubahan kondisi rambut. Kerontokan rambut tak hanya terjadi pada pria, tapi juga wanita. Mencegah kebotakan tak hanya perlu perawatan dari luar, asupan makanan dari dalam pun perlu diperhatikan.

Karena, saat rambut terlihat menipis bahkan sampai botak, tentunya bisa mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Menurut ahli kesehatan dari Beyond Medical Center Kengsinton, Inggris, Bashar Bizrah, penyebab rambut rontok paling umum adalah faktor genetik, tapi hal itu bisa dicegah.

Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Rabu (31/07/2019), kebotakan bisa dicegah dengan mengonsumsi beberapa jenis buah. Berikut ini 6 jenis buah-buahan yang dapat membantu memperlambat kebotakan, sekaligus menjaga kesehatan kulit kepala.

Pepaya

Buah pepaya mudah ditemui di daerah-daerah tropis seperti Indonesia. Buah ini tak hanya sekadar memberikan rasa manis, tapi juga memberi manfaat bagi kesehatan.

Vitamin C yang terkandung dalam pepaya dapat membantu tubuh dalam memproduksi kolagen dengan kombinasi asam amino. Kolagen sendiri tidak hanya bisa membantu pertumbuhan rambut baru, tapi juga menjaga dermis tetap kuat. Dermis adalah lapisan tengah kulit yang menjadi tempat akar rambut menancap.

Mengonsumsi satu buah pepaya besar mengandung 235 miligram vitamin C. Jumlah tersebut dua kali lebih banyak dibanding dengan mengonsumsi satu buah jeruk.

Apel

Mengonsumsi satu butir apel selain bisa menjauhkan Anda dari penyakit, sekaligus juga menjauhkan dari masalah rambut. Karena, buah apel mengandung vitamin A, B, dan C sebagai tiga vitamin vital untuk kesehatan rambut. Antioksidan juga menjaga tubuh dari radikal bebas serta membantu produksi sel baru.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Tsukuba Research Laboratory, Jepang pada tahun 2002 silam, peneliti melihat bagaimana apel mampu membantu pertumbuhan rambut. Hal ini karena apel mengandung procyanidin B-2, yakni komponen yang mendorong pertumbuhan rambut.

Persik

Menjaga kesehatan kulit kepala kuncinya adalah menjaga kelembapannya. Pasalnya, kulit kepala mengandung kelenjar minyak yang memproduksi sebum, yaitu nama terakhir yang merupakan minyak alami yang membasahi setiap helai rambut.

Kalau sebum pelembap ini tidak cukup, maka kulit kepala akan “menderita” dan buah persik bisa melawan masalah ini lantaran banyak mengandung vitamin A dan C. Kedua vitamin tersebut melupakan pelembap alami yang baik.

Stroberi

Stroberi merupakan buah kecil berwarna merah yang mengandung banyak mineral silica, yaitu mineral yang paling penting untuk pertumbuhan rambut. Buah stroberi juga memiliki asam ellagic yang dapat melindungi rambut dari kerontokan yang berlebihan.

Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin dan kaya akan antioksidan. Di dalam buah kiwi terdapat kandungan vitamin A, E, vitamin K, serta antioksidan flavonoid seperti beta karoten, xanthin, serta lutein.

Manfaat buah kiwi ditambah pula dengan kandungan banyak mineral di dalamnya seperti magnesium, zinc, dan fosfor. Mineral-mineral tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga akar rambut pun menjadi semakin kuat.

Nanas

Paparan radikal bebas turut menyebabkan terjadinya kerusakan pada folikel rambut, dan untuk melawannya, tubuh membutuhkan antioksidan. Tak cuma kaya akan nutrisi seperti vitamin C, B6, dan mangan, buah nanas juga kaya antioksidan.

Untuk mencegah kerontokan, selain dengan rutin mengonsumsi buah-buahan, ada pula makanan lainnya yang ampuh digunakan untuk mengatasi kebotakan.

Telur dan Produk Susu

Mengonsumsi telur dengan susu, keju, yogurt, serta nutrisi penting lainnya yang merangsang pertumbuhan rambut.

Gandum

Percaya atau tidak, ternyata semangkuk kecil gandum dapat menjadi senjata untuk melawan kebotakan. Karena, gandum kaya akan serat, omega-6, dan asam lemak yang bisa membantu mendorong pertumbuhan rambut.

Selain itu, kandungan beta glucan yang terdapat dalam gandum juga mampu memperkuat folikel rambut.

Kacang Almond

Biotin dan magnesium yang banyak terkandung dalam kacang almond  juga penting untuk pertumbuhan rambut. Dengan mengonsumsi kacang almond secara teratur bisa membuat rambut tumbuh lebih tebal, sehat dan cepat.

Kenari

Kacang kenari mengandung asam lemak omega yang mampu mencegah rambut rontok, sekaligus bisa memperkuat folikel rambut. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...