Dapat Bantuan Kementrian PUPR, Pemdes Cibogo Bangun Saluran Air

Pemdes Cibogo
Pembangunan saluran air di Desa Cibogo, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Musim kemarau dimanfaatkan Pemdes Cibogo, Kecamatan Padaherang untuk memperbaiki saluran air sepanjang 181 meter dan lebar 1,20 meter.

Bidang Kesejahteraan Desa Cibogo, Uja, mengatakan, 8 hektar sawah yang ada di sekitar lokasi pembangunan saluran air tersebut biasanya dalam setahun bisa panen sebanyak 2 kali. Dengan adanya saluran air tersebut diharapkan nantinya bisa menjadi 3 kali panen.

“Biasanya air mengalir hanya ke sawah bagian pinggir saja, tidak sampai ke tengah. Makanya dengan adanya ini, sawah yang berada di tengah juga bisa teraliri air dan bisa terkontrol dengan baik,” jelasnya kepada Koran HR, Selasa (8/7/2019).

Hal senada juga dikatakan Kepala Desa Cibogo, Ayim Karsim. Ia mengatakan, saluran air sambungan dari Sungai Citanduy tersebut dikerjakan oleh warga yang tergabung dalam kelompok Pengelola Pengguna Pemakai Air Irigasi atau P3AI. Sementara itu, anggaran yang digunakan bersumber dari Kementrian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy.

“Adapun jumlah bantuan yang diterima untuk pembangunan ini sebesar Rp 195 juta. Ini bantuan dari proposal yang kami ajukan pada tahun 2018 lalu,” jelasnya.

Ia menambahkan, dari uang Rp 195 juta tersebut, 5 persen di antaranya digunakan untuk operasional maupun pengurusan administrasi seperti badan hokum.

“Ini bukan hanya desa kami saja, akan tetapi desa lainnya di Padaherang juga mendapatkan bantuan yang sama. Mudah-mudahan saja harapan panen menjadi 3 kali bisa terwujud,” pungkasnya. (Entang/Koran HR)