Datangkan Sapi dari Luar Daerah, Stok Hewan Kurban di Ciamis Aman

hewan kurban di Ciamis
Meskipun masih mendatangkan sapi dari luar daerah namun stok hewan kurban di Ciamis masih aman. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kabupaten Ciamis memastikan stok hewan kurban di Ciamis untuk kebutuhan hari raya Idul Adha 1440 Hijriah ini aman.

Namun untuk memenuhi kebutuhan Kurban tahun 2019 ini, Ciamis masih mendatangkan sapi dari luar Ciamis seperti Jatim dan Jateng. Hal ini karena Ciamis belum bisa melakukan swasembada sapi. 

Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis Otong Bustomi mengakui hal tersebut. Kata dia, stok ketersediaan hewan kurban di Ciamis memang masih aman.

Otong menyebut, setiap tahun kebutuhan hewan kurban di wilayah Kabupaten Ciamis untuk sapi bisa mencapai 3.000 ekor, domba 1.700 ekor dan kambing 1.500 ekor.

“Walaupun stok sapi masih didatangkan dari wilayah Jawa namun stok masih aman,” ungkap Otong. 

Pihaknya mengakui telah mempersiapkan antisipasi kekurangan hewan kurban tersebut dengan mendatangkan sapi siap potong dari daerah lain, seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pihaknya juga sudah bekerjasama dengan sejumlah pihak termasuk para pengusaha sapi di daerah Jawa Timur agar dapat memasok sapi menjelang Idul Adha nanti.

“Di daerah lain persediaan cukup banyak sehingga kita tidak perlu khawatir terkait stok kebutuhan sapi,” ucap Otong. 

Dia menambahkan, selama ini Kabupaten Ciamis belum bisa melakukan swasembada sapi karena kurangnya sumberdaya dan teknologi peternakan. Secara garis besar kata dia, Kabupaten Ciamis memiliki potensi alam yang komplit mulai dari lahan pangan hingga ketersediaan rumput yang masih berlimpah. 

“Potensi ini harus bisa dimanfaatkan dan juga harus diingat teknologi juga harus dipakai agar peternak ataupun petani tidak keteteran,” ungkapnya. (Jujang/R7/HR-Online)