Di Sungai Cigugur Pangandaran, Camat Langkaplancar ‘Ditodong’ Berjalan di Atas Bambu

Sungai Cigugur Ciamis
Camat Langkaplancar, Deni Ramdani saat berjalan di atas Bambu di Sungai Cigugur Pangandaran, Sabtu (27/7/2019). Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Deni Ramdani, Camat Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran ‘ditodong’ adu ketangkasan berjalan di atas bambu yang dipasang di atas permukaan air Sungai Cigugur Pangandaran, Sabtu (27/7/2019).

Bukan hanya camat, namun perangkat desa, pendamping desa bersama Muspika Kecamatan Langkaplancar ditunjuk secara mendadak untuk ikut lomba adu ketangkasan berjalan di atas bambu tersebut.

Lomba tersebut digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-74 tahun 2019. Selain itu, mereka juga melakukan lomba renang, uniknya mereka berenang dengan melawan arus sungai.

Lomba adu ketangkasan berjalan di atas bambu dan berenang melawan arus sungai itu dilakukan di Sungai Cigugur, Dusun Galunggung, Desa/Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran.

Camat Langkaplancar, Deni Ramdani mengatakan, lomba ini merupakan lomba yang cukup unik, karena menjadi tontonan masyarakat, selain itu diakui Deni, lomba adu ketangkasan tersebut sangat bagus untuk kebugaran tubuh.

“Meski ini merupakan lomba dadakan, karena tidak ada persiapan sebelumnya namun antusias masyarakat dalam mengikuti acara ini patut diacungi jempol,” ujar Deni.

Deni mengatakan lomba seperti ini harus menjadi agenda rutin tahunan, lantaran merupakan pesta rakyat yang bisa merekatkan tali silaturahmi.

“Ditambah ada lomba masak nasi leumeung tentunya sangat bagus, karena setelah selesai lomba, masyarakat bisa makan bersama dengan leumeung yang dia masak sendiri,” kata Deni.

Lebih lanjut Deni mengatakan, lomba seperti ini harus digelar lagi dengan lebih meriah dan melibatkan semua perangkat Desa se-Kecamatan Langkaplancar.

“Insya Allah, nanti pada tanggal 12 Agustus 2019, mengingat lomba yang dilakukan hari ini hanya lomba dadakan dan tidak semua desa mengikutinya,” katanya.

Pada lomba adu ketangkasan tersebut, Sekretariat Camat, Supratman berhasil jadi pemenang lomba renang melawan arus air. Sementara lomba melintasi bambu dimenangkan Pendamping Desa, Idan. Camat Deni Ramdani sendiri hanya meraih juara harapan. (Enceng/R7/HR-Online)