Domba Asal Belanda Ini Curi Perhatian di Pesta Patok Rajadesa Ciamis

pesta patok rajadesa
Domba Texel Ciamis, domba yang dikenal berasal dari Belanda ini dipamerkan pada Pesta Patok Rajadesa Ciamis, Rabu, (10/7/2019).

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Domba texel yang dikenal sebagai domba asal Belanda milik kelompok tani Sukamukti mencuri perhatian warga yang datang ke acara Pesta Patok atau Festival Ternak di Lapang Olahraga Wirabaya Desa/Kecamatan Rajadesa, kabupaten Ciamis, Rabu (10/7/2019).

“Ini baru pertama kali tahu ada domba jenis texel seperti ini, makanya pas lihat langsung tertarik, pengen tahu lebih detail,” ujar Yanti, salah seorang pengunjung Pesta Patok Rajadesa.

Hal serupa dikatakan Emuh, dirinya yang datang dari kecamatan Sadananya mengaku sering melihat domba atau binatang ternak lainnya, namun baru pada Pesta Patok kali ini ia melihat domba jenis texel.

“Kalau di Pesta Patok sebelumnya kan belum pernah ada domba seperti ini, baru kali ini bisa lihat domba kayak gini, katanya asal Belanda,” kata Emuh.

Sementara Yaya, Ketua Kelompok Tani Sukamukti menerangkan jenis domba texel berasal dari Belanda dan termasuk kategori domba potensial karena bisa menghasilkan daging terbaik.

“Bobot domba jantan bisa mencapai 100 Kg, sementara kalau domba yang betina bisa mencapai 80 Kg, makanya bisa jadi sumber daging terbaik,” terang Yaya.

Selain sebagai domba potong, kata Yaya, domba texel juga bisa menghasilkan bulu wool yang berkualitas.

“Domba texel ini memang memiliki ciri khas tersendiri, sehingga terlihat beda dengan domba lain,” kata Yaya.

Yaya menyebutkan ciri khas domba texel asal Belanda ini yakni memiliki bulu wool keriiting yang cukup halus dan berbentuk spiral.

“Karena bulunya yang keriting, halus dan seperti spiral ini, jadi unik dan tidak ada pada domba lokal, karena itu banyak dikerubuti pengunjung di Pesta Patok ini,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)