Emulator Game Free Fire untuk Main di Komputer

Tampilan KOPLAYER, salah satu emulator game di komputer. Foto : net/ist

Berita Teknologi (harapanrakyat.com),- Bagi yang senang bermain game Free Fire dan ingin memainkannya di komputer yang dibutuhkan yaitu emulator game. Pasalnya, permainan yang sekarang sangat digandrungi oleh anak muda itu memang dibuat khusus untuk Android.  

Lantas apa itu emulator? Mengutip dari berbagai sumber, emulator yaitu program yang dirancang untuk menjalankan sistem komputer lain dengan sistem yang sama sekali tidak sama.

Seperti contohnya, Anda ingin bermain game sepakbola yang ada di PlayStation. Karena konsol PlayStation dan komputer berbeda, maka yang dibutuhkan agar dapat memainkan permainan tersebut adalah emolator.

Begitu juga dengan game-game yang ada di Android bisa dimainkan di komputer dengan menggunakan emulator game.

Memang banyak emulator game yang ringan, namun tidak semua bisa dimainkan komputer. Terlebih game yang berat seperti Free Fire dan PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG).

Salah satu alasan utamanya adalah dikarenakan spek komputer yang tidak memadai. Seperti prosesor yang terlalu “jadul”, kapasitas RAM kecil, VGA yang tidak memadai dan sebagainya.

Untuk membantu Anda yang ingin bermain game Free Fire di komputer, berikut ini HR Online memberikan rekomendasi emulator game yang bisa

KOPLAYER

Emulator game yang satu ini sangat direkomendasikan oleh HR Online. Pasalnya, selain ringan juga tidak ribet dan sudah tersedia dalam bahasa Indonesia.

Mengutip dari situs resmi Koplayer, kelebihan dari emulator gratis ini adalah pada sisi performa, stabilitas, kompetibelitas dan lain sebagainya.

Sebagai informasi, pernah diuji di komputer dengan spek Core i3, dengan RAM 4 GB dan VGA onboard Intel (R) HD Graphics 530. Dan saat bermain game Free Fire tidak ada kendala alias no lag.

Jika penasaran dan ingin mencobanya, silahkan mencari di internet.

BLUESTACKS

Emulator game kedua yang direkomendasikan oleh HR Online adalah Bluestacks. Emulator ini sangat dikenal oleh orang yang sering bermain game Android di komputer.

Bluestacks dibuat oleh perusahaan teknologi Amerika dengan platform berbasis cloud. Emulator ini bisa dimainkan di Microsoft Windows dan MacOS Apple.

Sama seperti KoPlayer, Bluestacks yang sudah dimainkan lebih dari 300 juta ini juga bisa didapatkan dengan gratis. Untuk tampilannya pun terlihat elegan sehingga menarik.

Jika ingin memainkan game Android menggunakan emulator ini bisa diunduh dengan mengunjungi langsung situs Bluestacks.

MEMU PLAY

Memu Play adalah emulator game yang saat ini sangat dipercaya karena terbukti aman dari serangan virus, serta telah diakui oleh perusahaan anti-virus terkenal seperti Norton, McAfee, ESET serta lainnya.

Emulator ini juga sudah mendukung OS Android terbaru, chipset komputer dari Nvidia atau AMD, serta tidak memakan memori komputer yang besar.

Dengan fitur yang lengkap tersebut, maka aplikasi yang dikembangkan oleh Microvirt dari Tiongkok ini bisa memainkan hampir semua game Android.

Sampai saat ini Memu Play sudah dimainkan 15 juta lebih yang berasal dari ratusan negara di dunia, dan tersedia juga dalam dua puluh bahasa.

NOX PLAYER

NOX PLAYER bisa dikatakan sebagai emulator game terbaik saat ini. Dengan dibekali fitur yang canggih, tools yang lengkap sehingga mudah bermain game dengan menggunakan keyboard serta mouse.

Tidak lupa, emulator ini juga sering memperbaharui sistem terbarunya dengan mendukung Android 9.0 (Pie).

Bukan cuma memainkan game Free Fire, Anda juga bisa dimanjakan dengan menikmati game PUBG ataupun Mobile Legends, tanpa harus menyetting karena semua sudah otomatis.

Emulator game ini juga mendukung VGA card atau grafis dari AMD ataupun Nvidia, bahkan game bisa dimainkan dengan settingan paling tinggi tanpa ada kendala. (Adi/R5/HR-Online)