GEMA ANKER Desak Pemda Rombak Manajemen RSUD Ciamis

manajemen RSUD Ciamis
Sekjend GEMA ANKER Ciamis, Gian Ferdiana. Foto: Dokpri

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ciamis dinilai kurang memuaskan oleh sejumlah masyarakat. Salah satunya datang dari Sekjend GEMA ANKER Ciamis, Gian Ferdyana yang mendesak Pemerintah Daerah untuk merombak manajemen RSUD Ciamis.

“Sudah lebih dari 3 kali saya mengkritisi pelayanan rumah sakit akan tetapi masih saja banyak masyarakat yang mengeluh karena kurang ramahnya perawat dan karyawan RSUD ini,” kata Gian kepada HR Online, Jum’at (19/07/2019).

Gian menambahkan, permasalahan seputar pelayanan RSUD Ciamis merupakan masalah klasih yang menurutnya terjadi lantaran tidak ada ketegasan dari pimpinan RSUD.

“Pak Bupati Ciamis melihat sendiri saat sidak bagaimana pelayanan Rumah Sakit Ciamis begitu tidak profesional yang akibatnya membuat antrian yang sangat panjang sehingga pasien harus menunggu berlama-lama, bahkan dari sejak Subuh sudah mengantri.” paparnya.

Gian bahkan mengaku pernah menyaksikan sendiri salah satu pasien dari daerah pelosok Ciamis lama mengantri sampai sore dan akhirnya tidak sempat mendapatkan obat karena takut ketinggalan angkutan umum yang menuju ke daerahnya.

“Kebetulan saya juga merupakan pasien rawat jalan RSUD yang pernah menyaksikan sendiri pasien begitu lama dalam pelayanan hingga pasien ini akhirnya pulang karena takut angkutan umumnya tidak ada lagi mengingat sudah sore sedangkan angkutan ke daerahnya Cuma sampai jam 16.00,” terangnya.

Gian menegaskan jika pihak RSUD Ciamis tidak segera melakukan perubahan, maka dirinya bersama GEMA ANKER akan kembali melakukan konsolidasi untuk mendorong pemerintah daerah merombak manajemen RSUD Ciamis.

“Tak ada jalan lain, jika manajemen RSUD Ciamis tidak berubah dan lebih mengutamakan kemanusiaan, maka kami akan kembali konsolidasi untuk mendorong pemerintah daerah agar melakukan perbaikan. Jangan sampai pasien itu hanya dijadikan komoditas, sedangkan dalam hal ini pasien adalah konsumen kesehatan yang harus dilayani dengan baik,” pungkasnya.

Sementara pada pemberitaan sebelumnya pelayanan RSUD Ciamis yang dinilai buruk ini kembali mencuat usai Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melakukan sidak. Hasilnya di bagian Poli, Herdiat menemukan tumpukan pasien yang mengantri sejak pagi sementara dokter tidak kunjung datang. (Fahmi/R7/HR-Online)