Gerbang Situs Astana Gede Kawali Ciamis Direnovasi

gerbang masuk situs astana gede
Gerbang Situs Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis direnovasi. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Gerbang masuk areal Obyek Wisata Situs Astana Gede di Desa/Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai direnovasi, Kamis (25/7/2019). Warga berharap renovasi gerbang masuk Situs Astana Gede Kawali ini dilengkapi dengan pembangunan Gapura.

Warga sekitar situs Astana Gede, mengatakan, setelah renovasi gerbang areal situs selesai, maka diharapkan agar pembangunannya dilanjutkan dengan pembangunan Gapura olehi Dinas terkait.

“Gerbang masuk yang saat ini dibangun kan hanya merupakan tempat dan keluar masuknya para wisatawan atau peziarah ke dalam, gunanya untuk untuk mencegah agar tidak sembarangan orang bisa masuk,” kata Enceng.

Gerbang Situs Astana Gede Kawali ini menurut Enceng sangat berbeda dengan Gapura yang ia maksud.

“Kalau Gapura itu bisa kita temui saat kita lewat di Situs Astana Gede, Kawali, hal ini juga sekaligus sebagai identitas dari Astana Gede ini,” terangnya.

Menurut Enceng, Gapura biasanya dibangun di depan atau jalan masuk ke suatu wilayah. Tujuan lainnya jika dibangun gapura sebagai visualisasi  keindahan yang merupakan wujud penataan lingkungan.

“Supaya memiliki ciri dan kesan tersendiri, Gapura sangat diperlukan dalam suatu wilayah. Sebab, bukan hanya dalam bentuk bangunan fisik saja, namun memiliki ciri tersendiri sebagai pintu gerbang,” katanya.

Gapura itu sendiri, kata Enceng, merupakan bentuk ungkapan selamat datang kepada para wisatawan yang akan berkunjung.

“Lewat Gapura ini, di situ tercermin rasa hormat dan keramahan kepada setiap orang yang datang, khususnya yang datang ke Astana Gede Kawali,” Katanya.

 Sebagai masyarakat yang tinggal di sekitar Situs Astana Gede, Enceng mengaku merasa bersyukur dengan direnovasinya gerbang masuk areal Obyek Wisata Situs Astana Gede.

“Namun rasanya belum lengkap kalau tidak disertai dengan pembangunan atau pembuatan pintu Gapuranya. Mudah-mudahan saja pengerjaannya terus berlangsung,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...