Incumbent Tak Gentar Kembali Maju di Pilkades Serentak Kota Banjar

Pilkades Kota Banjar
Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Pjs. Kades Binangun, Pjs. Kades Mulyasari, dan Pjs. Kades Batulawang, oleh Walikota Banjar, di Aula Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Selasa (09/07/2019). Photo : Dokumentasi HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Prediksi akan banyaknya bakal calon kepala desa (kades) yang mendaftar dalam perhelatan Pilkades serentak pada 11 desa di Kota Banjar, yang dijadwalkan dibuka mulai tanggal 10-18 Juli 2019, tak membuat gentar sejumlah incumbent yang siap untuk kembali maju bertarung.

Seperti dikatakan Wawan Gunawan, Kepala Desa Mulyasari yang sudah habis masa jabatannya terhitung minggu ini, kepada Koran HR, usai mengikuti pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Pjs. Kepala Desa Binangun, Pjs. Kepala Desa Mulyasari, dan Pjs. Kepala Desa Batulawang, oleh Walikota Banjar, di Aula Kelurahan Mekarsari, Selasa (09/07/2019).

“Saya pribadi akan maju kembali mencalonkan diri sebagai Kades Mulyasari, dan siap mendaftar sesuai waktu yang ditentukan oleh pihak panitia,” tegasnya.

Dia pun menjelaskan alasan dan motivasi bertarung kembali dalam Pilkades mendatang, bahwasannya didasari keinginan untuk menyelesaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Mulyasari pada periode jabatan sebelumnya, yang dianggap belum tuntas sepenuhnya.

Selain itu, dirinya pun punya itikad ingin selalu memajukan desanya secara bersama dengan seluruh elemen warga. “Ya namanya bertarung, optimis saja. Intinya saya siap menang, siap kalah,” tandas Wawan.

Hal serupa dikatakan mantan Kades Binangun, Udung, bahwa dirinya akan mencalonkan kembali dalam Pilkades serentak di desanya. “Atas izin Allah, saya akan maju lagi mendaftar jadi bakal calon Kades Binangun periode 2020-2026,” tandasnya.

Menurut Udung, pada prinsifnya pembangunan di desanya itu masih banyak yang perlu diselesaikan olehnya, baik fisik maupun pembangunan mental manusia. Meski RPJMDes periode jabatan sebelumnya sudah tuntas, namun masih ada hal lain yang belum tuntas seutuhnya.

“Intinya optimis ke depan bahwa Desa Binangun bisa lebih maju lagi. Termasuk saya pribadi optimis inginnya menang dalam pertarungan Pilkades nanti. Menang atau kalah itu takdir Allah SWT. Insya Allah atas ridho Allah dan dukungan warga,” kata Udung.

Para incumbent kades lainnya juga diketahui berencana akan kembali mendaftar sebagai bakal kades, seperti Yanti, mantan Kades Langensari, dan Yayan Sukirlan, mantan Kades Cibeureum. Tapi, ada pula mantan kades yang memilih tak ikut mencalonkan lagi.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pilkades Mulyasari, Surya Putra, mengaku bahwa pihaknya bekerja sudah memasuki tahapan pencalonan, yakni pendaftaran dibuka mulai tanggal 10 sampai 18 Juli 2019. Untuk persnyaratan bagi peminat yang mencalonkan diri menjadi kades, tentunya harus sesuai ketentuan yang ada, dan tak lepas dari regulasi yang berlaku.

“Mulai hari besok (Rabu-10/07/2019.red) pendaftaran bakal calon Kades Mulyasari dibuka. Beredar di tengah masyarakat memang akan banyak warga yang mendaftar. Kita lihat saja nanti bila sudah selesai atau penutupan pendaftaran, ada berapa jumlahnya. Jika lebih dari 5 orang mendaftar, jelas akan ada seleksi lanjutan,” kata Surya.

Diketahui, hari H pemungutan suara Pilkades serentak tahun 2019 yang akan dilaksanakan oleh 11 desa di Kota Banjar, dijadwalkan berlangsung hari Kamis, tanggal 31 Oktober 2019 mendatang.

Sementara itu, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, dalam sambutannya di acara pelantikan, berpesan kepada Pjs. Kades Binangun, Mulyasari dan Batulawang, untuk dapat melanjutkan visi misi pemerintahan desanya yang telah tertuang dalam RPJMDes.

“Tak kalah penting harus mempersiapkan dan mensukseskan pelaksanaan Pilkades Kota Banjar yang akan diselenggarakan 31 Oktober mendatang. Namun, itu pun perlu dukungan optimal dari seluruh stakeholder dan masyarakat desanya,” tandas Ade Uu.

Untuk itu, dirinya mengajak stakeholder dan segenap masyarakat agar mendukung secara partisipatif, serta mengawasi kinerja pemerintahan desa supaya berjalan dengan baik dan benar sesuai aturan.

“Saya sebagai Walikota Banjar mengucapkan terima kasih kepada saudara Udung, Wawan Gunawan, dan Ani Sumarna, yang telah mengabdikan dirinya sebagai kepala desa, dengan jerih payah dan curahan pikiran serta tenaga, dalam memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa selama 6 tahun masa jabatan. Semoga Allah SWT memberikan pahala yang berlipat ganda,” ucap Ade Uu.

Dalam acara pelantkan tersebut, Asep Hendra, ASN staf di Kantor Kelurahan Pataruman, menjabat sebagai Pjs. Kades Binangun, Dodo Carda, ASN staf di Kantor Kelurahan Pataruman, sebagai Pjs. Kades Mulyasari, dan Asep Rianto, ASN staf di Dinas Capilduk, sebagai Pjs. Kades Batulawang. (Nanks/Koran HR)

Loading...