Dampak Mengerikan Bermain Smartphone Terlalu Lama

Dampak Mengerikan Bermain Smartphone Terlalu Lama. Photo : Ilustrasi/Net.

Berita Gaya Hidup (harapanrakyat.com),- Dampak mengerikan bermain smartphone terlalu lama mengintai kesehatan tubuh. Selain menyebabkan kram, kebas, dan kesemutan di beberapa bagian tubuh, ternyata ada efek yang lebih buruk lagi mengancam kesehatan kamu.

Memang dampak baik dari penggunaan smartphone adalah sebagai media komunikasi, hiburan dan sumber informasi. Tetapi, jika penggunaannya terlalu lama, dalam artian selalu dipakai berjam-jam untuk menonton video atau main game, tentu ada dampak negatif yang dapat mengganggu kesehatan.

Agar kamu bisa lebih bijaksana lagi dalam menggunakan smartphone dalam aktivitas sehari-hari, berikut ini dampak mengerikan bermain smartphone terlalu lama yang harus kamu tahu, seperti dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Senin (15/07/2019).

Mengakibatkan Kerusakan Otak

Mengakibatkan kerusakan pada otak. Photo : Ilustrasi/Net.

Sampai saat ini efek buruk dari radiasi smartphone bagi kesehatan memang masih kontroversi. Tetapi, sejumlah penelitian meyebutkan bahwa efek jangka panjang radiasi dari smartphone atau gadget dapat memicu insomnia dan tumbuhnya tumor otak.

Dari hasil sejumlah penelitian, otak bisa menjadi cenderung lebih lemah, serta mempengaruhi daya ingat dan refleks. Sedangkan, dalam jangka pendek yang akan mulai dirasakan antara lain mual dan sakit kepala.

Mengakibatkan Kecanduan

Kecanduan smartphone. Photo : Ilustrasi/Net.

Sekarang ini smartphone memang memegang peranan yang penting dalam aktifitas sehari-hari. Berkat perkembangan teknologi, kini smartphone mampu melakukan banyak hal yang membuat hidup terasa lebih nyaman.

Aktifitas sehari-hari itu seperti halnya menerima dan membalas e-mail untuk urusan pekerjaan, chatting dengan keluarga maupun teman, nonton video, mendengarkan musik, main game, dan lain sebagainya. Sehingga, tak heran jika banyak orang yang nyaris tak bisa lepas dari smartphone.

Akibat dari ketergantungan seperti itu, banyak orang yang menjadi kecanduan smartphone. Jika kecanduannya sudah akut bisa menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan maupun sisi sosial seseorang.

Bahkan, ada pula penelitian yang menyebutkan bahwa, untuk bisa menyembuhkan pecandu smartphone harus menggunakan terapi yang sama seperti terapi yang diterapkan kepada pecandu narkoba.

Penglihatan Terganggu

Penglihatan terganggu dan sakit kepala. Photo : Ilustrasi/Net.

Ini mungkin bahaya yang paling banyak diketahui orang akibat dari bermain smartphone terlalu lama. Memandang layar smartphone terlalu lama dapat mengakibatkan penglihatan terganggu. Dalam dunia kedokteran gangguan penglihatan ini disebut Computer Vision Syndrome (CVS).

Sejumlah ahli menyebutkan 37 persen pengguna smartphone menghabiskan minimalnya 9 jam menggunakan smartphone mereka. Diantaranya 7 dari 10 orang melaporkan mengalami ketegangan mata, seperti iritasi, mata kering, mata kemerahan, bahkan sakit kepala yang berkepanjangan, kelelahan dan juga rabun dekat.

Selain itu, dampak mengerikan bermain smartphone terlalu lama juga akan membuat mata cepat lelah, akibatnya mata terlihat sembab dan menyebabkan pusing.

Kelainan Postur Tubuh

Kelainan postur tubuh. Photo : Ilustrasi/Net.

Bermain smartphone selama berjam-jam sering kali dilakukan dengan kepala menunduk atau sambil tiduran. Jika dilakukan terlalu lama, posisi ini bisa menyebabkan saraf otot di beberapa bagian tubuh menjadi kaku, kram, dan kebas atau kesemutan.

Saat kamu menunduk, tepatnya pada sudut 60 derajat untuk melihat layar smartphone, itu sama halnya dengan memberatkan kepala 6x lipat.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Chief of Spine Surgery, Kenneth Hansraj, MD., di New York Spine Surgery and Rehabilitation, menyebutkan, jika terlalu sering melakukannya, maka bukan tidak mungkin tulang punggung kamu akan menjadi bungkuk, sehingga postur tubuh pun menjadi tidak sama seperti sebelumnya.

Penuaan Dini

Penuaan dini. Photo : Ilustrasi/Net.

Sedangkan, menurut seorang dokter kulit di Beverly Hills, Stuart H. Kaplan, M.D., bahwa banyak pasien yang memiliki umur muda, kini meminta pengobatan Botox untuk mengatasi kerutan dini akibat melihat layar smartphone terlalu lama.

Stuart mengatakan, hal itu dikarenakan kulit kusut yang terjadi secara berulang-ulang akibat kamu sering menekuk leher saat memeriksa notifikasi, atau membalas pesan pada sebuah smartphone.

Hal ini mungkin terdengar biasa saja, namun dengan seiringnya waktu kamu sering melakukannya, maka hal tersebut menjadi momok yang menakutkan.

Agar terhindar dari dampak negatif ini, kamu hanya perlu berhenti menghabiskan waktu selama berjam-jam bermain smartphone, dan membiarkan leher kamu rileks.

Selain itu, melakukan Yoga juga bisa membantu kamu terhindar dari efek negatif tersebut. Karena dengan melakukan Yoga akan menolong kamu memanjangkan leher serta otot-otot di bagian bahu, memperkuat punggung atas dan tulang belakang leher.

Membuat Kita jadi Anti Sosial

Anti sosial. Photo : Ilustrasi/Net.

Terlalu lama bermain smartphone bisa membuat kita jadi anti sosial. Hal ini terbukti saat kita asik bermain smartphone, kita tidak lagi memperdulikan keberadaan orang lain di sekitar kita. Rata-rata pengguna smartphone melakukan hal seperti itu.

Tentu ini bisa saja membuat hilangnya rasa sosial kita terhadap dunia nyata, dan lebih mempedulikan pada dunia maya yang ada dalam smartphone kita.

Bermain smartphone memang tidak dilarang, terlebih banyak hal positif yang dapat dilakukan dengan smartphone. Tapi, jika penggunaannya terlalu sering tentu bakal membawa dampak yang tidak baik bagi diri sendiri. Pada dasarnya, segala sesuatu yang terlalu berlebihan itu tidak baik. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...
Loading...