Penyebab Gagal Ginjal yang Harus Anda Waspadai

Penyebab Gagal Ginjal yang Harus Anda Waspadai. Photo : Net/Ist.

Berita Gaya Hidup (harapanrakyat.com),- Penyebab gagal ginjal pada umumnya terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat. Setiap tahunnya kasus penderita penyakit tersebut mengalami peningkatan.

Seperti diketahui bahwa ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh manusia. Selain menyaring darah, ginjal juga berfungsi sebagai pembuang toksin, penghasil urine, penyerap mineral, penghasil hormon, dan penetral zat asam.

Dikutip dari Dream.co.id, Selasa (09/07/2019), bahwa kerusakan ginjal bisa dialami siapa saja dan kapan saja. Gagal ginjal merupakan masalah kesehatan yang banyak diderita oleh masyarakat global.

Dalam riset tahun 2013, Kementerian Kesehatan RI mencatat ada 0,2 persen penduduk Indonesia yang mengalami gagal ginjal. Riset yang dilakukan Indonesia Renal Registry yang digagas kelompok dokter ginjal Indonesia, menyatakan, di tahun 2016 lebih dari 8.000 pasien gagal ginjal disebabkan oleh diabetes. Jumlah tersebut menjadi paling tinggi.

Sedangkan, gagal ginjal yang dialami hampir 4.000 orang diakibatkan oleh hipertensi. Amun, pada umumnya penyebab gagal ginjal terjadi akibat pola kebiasaan hidup sehari-hari yang tidak sehat.

Lantas, kebiasaan apa saja yang menjadi penyebabnya? Berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai penyebab gagal ginjal;

Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

Dianjurkan minum air putih 8 gelas setiap hari. Photo : Net/Ist.

Mungkin sebagian besar orang akan lebih memilih mengonsumsi minuman yang memiliki rasa dibanding mengonsumsi air putih. Padahal, imbauan atau iklan dan anjuran untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Konsumsi Minuman Beralkohol

Konsumsi minuman yang mengandung alkohol mengancam kesehatan tubuh. Bahkan, Islam melarang umat muslim menenggak minuman beralkohol. Selain bisa menyebabkan kehilangan kesadaran, alkohol juga dapat memicu berbagai penyakit yang bakal menyerang organ tubuh, termasuk ginjal.

Kurang Minum Air Putih

Air putih dapat membantu ginjal untuk membuang racun di dalam tubuh. Proses ini tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal. Kurang mengonsumsi air putih menjadi salah satu penyebab gagal ginjal akibat terjadi kerusakan pada ginjal.

Konsumsi Protein Hewani

Penyebab gagal ginjal juga bisa dikarenakan adanya kerusakan pada organ ginjal. Hal ini dapat terjadi lantaran terlalu banyak mengonsumsi protein hewani. Protein hewani yang biasa dikonsumsi oleh sebagian besar orang adalah daging merah.

Banyak mengonsumsi daging merah bisa membuat beban metabolism ginjal meningkat. Sehingga, ginjal bekerja lebih keras saat protein hewani masuk ke dalam tubuh.

Jadi sebelum dikonsumsi, penting kiranya Anda memperhatikan kandungan protein yang terdapat pada makanan. Olah karena itu, usahakan untuk tetap mengonsumsi protein hewani dan protein nabati secara seimbang.

Konsumsi Garam

Tubuh memang sangat membutuhkan garam dan natrium. Tapi, mengonsumsi garam dan natrium secara berlebihan bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit, seperti memicu tekanan darahtinggi, juga bisa memicu gagal ginjal.

Tahukan Anda bahwa tekanan darah yang ada di ginjal lebih tinggi dibanding tekanan darah pada organ tubuh lainnya. Agar terhindar dari penyakit gagal ginjal, usahakan Anda menjaga asupan makanan. Sebaiknya konsumsi garam maksimal 5 gram setiap hari.

Menahan Kencing

Sering menahan kencing bisa menganggu kesehatan ginjal. Photo : Net/Ist.

Jika kita sering menahan kencing akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh, salah satunya mengganggu kesehatan ginjal. Bahkan, dampak terburuknya bisa meningkatkan risiko terkena gagal ginjal.

Pasalnga, dengan menahan urine bisa menekan ginjal dan membuatnya semakin terbebani, terlebih jika sering menahannya ketika Anda ingin kencing. Kebiasaan ini akan menyebabkan terkena batu ginjal, inkontensia, atau bahkan gagal ginjal. Jadi, kalau Anda merasakan ingin buang air kecil, segeralah untuk pergi ke kamar mandi.

Minum Teh dan Kopi

Sama halnya dengan yang lainnya, jika kita mengonsumsi sesuatu secara berlebihan maka bisa memicu munculnya berbagai masalah bagi kesehatan tubuh. Begitu pula dengan mengonsumsi teh maupun kopi secara berlebihan.

Karena sebetulnya jika terlalu banyak minum teh atau kopi memiliki risiko tinggi mengalami kerusakan ginjal, bahkan dapat menyebabkan gagal ginjal. Jadi, sebaiknya mengonsumsi teh maupun kopi dengan takaran yang tepat dan jangan terlalu sering.

Konsumsi Gula

Sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi dua atau lebih minuman manis setiap hari mampu menimbulkan munculnya protein pada urin. Urine dengan kandungan protein ini dikenal sebagai awal dari kerusakan ginjal.

Adapun tanda ginjal tidak sehat dan tidak berfungsi dengan baik seperti seharusnya yaitu ketika protein keluar bersamaan dengan urine. Selain bisa menyebabkan diabetes, konsumsi gula secara berlebih juga menjadi salah satu penyebab gagal ginjal.

Untuk itu, konsumsi gula dalam batas wajar supaya semua bisa terhindar dari resiko terkena penyakit gagal ginjal. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...