Jejak Raya 2019, Agenda Kwarcab Pangandaran Peringati Hari Pramuka ke-58

Jejak Raya 2019
Bendahara Dewan Kerja Cabang Pramuka Kabupaten Pangandaran, Rahma Nova Viantik. Foto: Dokpri

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-58 Kwartir Cabang Pramuka (Kwarcab) Kabupaten Pangangandaran mengagendakan berbagai kegiatan yang dikemas dalam Jejak Raya 2019.

Kegiatan ini akan melibatkan hampir seluruh golongan Pramuka dan unsur- unsur eksternal dari Pramuka, diantaranya Organisasi Kemasyarakatan Pemuda(OKP), Organisasi Masyarakat (Ormas), organisasi kemahasiswaan, hingga organisasi Pecinta Alam dan lainnya.

Peringatan Hari Pramuka ke-58 sendiri akan mengangkat tema ‘Pengalaman tanpa teori itu buta, tapi teori tanpa pengalaman hanyalah sebuah permainan kecerdasan’.

Bendahara Dewan Kerja Cabang Pramuka Kabupaten Pangandaran, Rahma Nova Viantik mengatakan, kegiatan ini bermaksud untuk menguji sejauh mana kecintaan terhadap tanah air, berjiwa nasionalisme, menguji keterampilan, pengetahuan umum, kekuatan fisik dan mental, kedisiplinan dan kebersamaan yang dikemas dalam bentuk safari camp.

“Sebagai realisasi program kerja Kwarcab Kabupaten Pangandaran tahun 2019 yang telah disepakati pada Rapat Kerja Cabang Pangandaran tahun 2019,” ucapnya, Selasa (16/7/19).

Lebih lanjut Rahma mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan Jejak Raya 2019 ini adalah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, melaksanakan aksi nyata melalui gotong royong, peduli pada pendidikan nasional, menambah kepedulian terhadap lingkungan, menciptakan rasa kemanusiaan, meningkatkan jiwa kompetitif yang sehat, melatih kedisiplinan, memperkuat persatuan dan kesatuan, menumbuhkan rasa tanggung jawab bermedia sosial dan mempromosikan Kabupaten Pangandaran.

“Dengan kegiatan ini diharapkan bisa menambah inspirasi dan energi untuk negeri tercinta ini,” paparnya.

Jejak Raya 2019 ini merupakan kegiatan yang berorientasi pada pengabdian yang saling interaksi antar anggota Pramuka dan masyarakat yang meliputi siswa, mahasiswa dan organisasi lainnya.

“Pramuka harus berada di berbagai sektor untuk menciptakan kultur kehidupan bermasyarakat yang baik,” pungkasnya. (Enceng/R7/HR-Online)