Jelang 17 Agustus, Capaska Kota Banjar Giatkan Latihan

Capaska Kota Banjar
Sejumlah Calon Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Kota Banjar sedang berlatih di lapang Bakti Taman Kota Banjar, Minggu (21/7/2019). Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74 pada 17 Agustus mendatang masih kurang satu bulan, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Banjar pun makin giat menggelar latihan gabungan beserta 32 calon anggota Paskibraka (Capaska) di lapangan Bhakti Taman Kota Banjar.

Pembina dari PPI Kota Banjar, Saifulah mengatakan, latihan ini diikuti 32 anggota Capaska tingkat SMA/SMK sederajat Kota Banjar, dimulai sejak bulan April. Sementara latihan digelar mulai dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB setiap harinya.

“Untuk antusiasme menjadi pengibar sang saka merah putih di Kota Banjar cukup banyak, dulu waktu seleksi pendaftaran peserta mencapai 300-an dan yang lolos seleksi ada 32 peserta,” ujar Saifulloh kepada HR Online, Minggu (21/7/2019).

Saat ini, Ia menambahkan, sebanyak 2 peserta sudah lolos seleksi untuk dikirimkan ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Dua peserta itu keduanya peserta laki-laki, masing-masing perwakilan dari SMAN 1 dan SMAN 3 Kota Banjar,” terang Saifulllah yang juga ditunjuk sebagai ketua pelatihan Paskibraka Kota Banjar tahun 2019.

Sementara Satria, pelatih lainnya mengatakan, pelatihan yang dilakukan saat ini merupakan pelatihan yang ke-41. Pelatihan juga sudah difokuskan pada pengibaran, pemantapan formasi, kekompakan dan pembinaan mental.

“Harapannya semoga pada saat pengibaran dan penurunan bendera berjalan dengan lancar, tidak ada kendala apapun dan bisa lebih baik lagi,” harapnya.

Sementara itu, Syifa Fadila Salsabila, perwakilan Capaska tahun 2019 dari kesatuan SMAN 3 Kota Banjar mengaku optimis bisa mengemban tugas sebagai pengibar bendera saat perayaan HUT RI di Kota Banjar nanti. Pasalnya dirinya bersama Capaska lainnya sudah mempersiapkan dan melakukan pelatihan pengibaran bendera untuk tanggal 17 Agustus mendatang.

“Saat ini masih dalam tahap pelatihan selama kurang lebih 27 hari. Kami tetap semangat, tetap latihan memaksimalkan waktu yang ada,” ujar Syifa. (Muhlisin/R7/HR-Online)