Jelang Agustusan, Pedagang Bendera Asal Garut Serbu Ciamis

pedagang asal Garut
Bendera merah putih berbabagai ukuran dan berbagai perlengkapan Agustusan dijajakan pedagang di pinggir Jalan Raya Banjarsari-Ciamis. Foto: Entang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Memasuki bulan Agustus 2019 yang tinggal menghitung hari, pedagang bendera pun bermunculan di sepanjang jalan protokol. Bukan hanya bendera merah putih, namun juga berbagai perlengkapan Agustusan dijual oleh para pedagang. Seperti terlihat di Jalan Raya Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, sejumlah pedagang bendera asal Garut menjual bendera merah putih dan umbul-umbul berbagai ukuran.

Wawan, salah seorang pedagang bendera asal Garut mengaku, dirinya sengaja berjualan bendera merah putih dan perlengkapan Agustusan lainnya saat menjelang perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia.

“Datang ke Ciamis dari Garut sama teman yang lainnya, terus menyebar ke berbagai wilayah, termasuk ada juga yang jualan di Pangandaran,” terang Wawan kepada HR Online, Sabtu (27/7/2019).

Wawan juga mengatakan, pedagang bendera asal Garut, bukan hanya jualan bendera merah putih di Ciamis dan Pangandaran saja, namun juga ada yang sampai berjualan ke luar Jawa Barat.

“Banyak juga yang jualannya ke luar Jawa Barat, ya saya tahu karena saat pengambilan barang, bendera dan kebutuhan Agutusan yang akan dijual itu, asalnya dari satu pabrik, ketemu juga dengan orang-orang yang mau jualan bendera ke berbagai daerah di pabrik itu,” kata Wawan. 

Terkait harga, kata Wawan, bendera merah putih dan perlengkapan Agustusan lainnya yang ia jual dibanderol dengan harga bervariatif, mulai dari Rp 15 ribu untuk bendera ukuran kecil, sampai harga Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu untuk bendera dengan ukuran besar.  

“Kalau pendapatan sehari-hari dari jualan bendera ini tergantung banyak barang yang laku terjual,” tandasnya.

Hal senada disampaikan pedagang bendera asal Garut lainnya, Hendar. Dia mengaku kerap berdagang bendera menjelang Agustusan. Tahun sebelumnya Hendar berjualan di Kota Tasikmalaya, sementara tahun ini, Hendar mencoba peruntungannya di Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

“Baru sekarang, tahun ini, mencoba jualan di sini (Banjarsari, Ciamis). Kalau sebelumnya mah jualan di Kota Tasik, semoga saja di sini dagangan saya laku, Kang,” kata Hendar. (Entang/R7/HR-Online)