Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita CiamisJemaah Calon Haji Kloter Terakhir Asal Ciamis Dilepas Wabup Yana D Putra

Jemaah Calon Haji Kloter Terakhir Asal Ciamis Dilepas Wabup Yana D Putra

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) terakhir asal Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilepas Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, Rabu (24/07/2019).

Sebanyak 404 orang jemaah calon haji asal Kabupaten Ciamis ini masuk dalam Kloter 61 JKS. Keberangkatan jemaah dari Gedung Islamic Center Ciamis menuju Embarkasi Bekasi diwarnai isak tangis keluarga yang mengantar.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis, H. Agus Abdul Kholik, mengatakan, Kloter 61 JKS ini merupakan kloter terakhir dari Kabupaten Ciamis.

“Kabupaten Ciamis ini terbagi dalam 3 kloter, yang pertama Kloter 8 JKS, Kloter 53 JKS, itu gabungan dengan Kabupaten Bandung, dan hari ini full kloter asal Kabupaten Ciamis sebanyak 404 orang,” terangnya.

Agus juga menjelaskan, kondisi semua jemaah calon haji asal Ciamis dalam kloter terakhir ini masih sehat walafiat, karena hanya baru perjalanan dari rumah ke Islamic Center Ciamis, diteruskan dengan menempuh perjalanan menuju Embarkasi Bekasi dengan menggunakan bus, dan rencana akan beristirahat di Cibeuning Purwakarta.

“Kemudian, nanti diterima di Embarkasi Bekasi pukul 22:00 WIB. Mudah-mudahan para jamaah tetap sehat sampai mereka melaksanakan ibadah haji dan pulang lagi ke Ciamis,” ungkapnya.

Agus juga mengimbau kepada jemaah calon haji asal Kabupaten Ciamis untuk selalu menjaga kesehatan fisik. Karena kondisi cuaca di tanah suci Mekkah saat ini sedang ekstrem panas. Untuk itu, hindari makanan pedas dan perbanyak minum air putih.

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, berharap, jemaah haji Kloter 61 JKS asal Kabupaten Ciamis bisa melaksanakan ibadah haji sebaiknya-baiknya, sehingga pulang dengan gelar haji yang mabrur.

“Laksanakanlah ibadah haji karena Alloh, dan pulang kembali ke tanah air dengan selamat,” ucapnya. (Jujang/R3/HR-Online)

- Advertisment -