Jumlah LSM dan Ormas di Kabupaten Pangandaran Meningkat

Kegiatan salah satu LSM di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Photo : Enceng/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Jumlah LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) dan Ormas (Organisasi Kemasyarakatan) di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengalami peningkatan.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pangandaran, Solih, kepada HR Online, Sabtu (06/07/2019).

Tercatat pada tahun 2018, jumlah LSM dan Ormas ada sebanyak 48 organisasi, dan di tahun 2019 ini bertambah 5 organisasi, sehingga saat ini jumlahnya menjadi 53 LSM dan Ormas.

“Tiap tahun jumlahnya terus meningkat, apalagi kalau sudah terdaftar semua. Kami tidak melakukan jemput bola dalam melakukan pendataan Ormas maupun LSM, meskipun masih banyak yang belum terdaftar,” ujarnya.

Solih juga mengatakan, bagi Ormas dan LSM yang mau mendaftar, cukup dengan hanya menyerahkan data dan berkas saja. Pendaftarannya tidak pungut biaya alias gratis.

“Kedepan di Kesbangpol akan ada petugas yang khusus menangani Ormas dan LSM untuk memudahkan pembinaan, pelatihan, dan lain-lain,” tukasnya. (Enceng/R3/HR-Online)