Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita TerbaruKamera HP Buram dan Tidak Jernih, Begini Mengatasinya

Kamera HP Buram dan Tidak Jernih, Begini Mengatasinya

Kamera HP sekarang ini sudah semakin keren bahkan dibekali dengan fitur yang canggih. Tidak sedikit juga smartphone yang memiliki kamera di atas 20 MP, sehingga kualitas hasilnya bagus.

Itu terlihat dari smartphone model sekarang yang tentunya dengan harga semakin mahal, pasti dibekali juga dengan kamera yang resolusinya besar baik di depanmaupun belakang.

Namun, meski kamera HP itu spesifikasinya keren dan fitur yang canggih, akan tetapi masih ada yang menemui masalah, seperti hasil jepretan yang buram.

Hasil fotografi semacam itu tentu sangat merugikan, terlebih bagi yang suka selfie atau mendokumentasikan hasil jepretannya dan diunggah di media sosial.

Biasanya penyebab kamera HP yang hasilnya tidak jernih atau buram itu, karena adanya kotoran yang nempel pada kamera. Atau bisa juga lensanya yang bermasalah.

Lantas bagaimana mengatasi hasil kamera HP yang tidak bagus, jernih dan buram ini? Berikut ini solusinya yang bisa dipraktekan pada HP Oppo, Samsung, Vivo dan lainnya.

Membersihkan kamera

Seperti diulas di atas, kamera HP yang buram bisa disebabkan karena adanya debu yang menempel. Meski debu tersebut tidak terlihat, namun sangat mempengaruhi kualitasnya.

Untuk membersihkan kamera tersebut, langkah pertama adalah siapkan kapas atau tisu. Kemudian matikan smartphone, lalu kamera digosok pelan-pelan sampai bersih.

Jika sudah dibersihkan, bisa dinyalakan kembali smartphonenya dan dicoba hasil jepretan kamera HP.

Bahan lainnya yang bisa untuk membersihkan kamera antara lain kayu putih serta bisa juga dengan menggunakan odol.

Sifat odol adalah bisa membersihkan kotoran atau debu dengan baik. Biasanya odol yang dipakai berwarna putih.

Caranya, siapkan odol yang bisa beri sedikit saja air dan kapas. Setelah itu matikan smartphone.

Kemudian odol tersebut ditaruh pada kamera HP, gosok-gosok pelan-pelan dengan memakai kapas sampai odol sudah tidak ada lagi di kamera.

Menggunakan Hair Dryer

Rupanya kamera HP yang buram bisa juga disebabkan karena adanya embun saat kehujanan atau terkena air dan menempel pada lensa.

Biasanya embun tersebut dapat hilang dengan sendirinya. Namun, ada smartphone yang memerlukan waktu lama supaya embun itu hilang. Bahkan terkadang meninggalkan bekas.

Lantas bagaimana cara membersihkan embun tersebut? Anda bisa memanfaat hair dryer, yang biasa dipakai untuk mengeringkan rambut.

Terlebih dulu mematikan smartphone, lalu lepaskan baterai. Setelah itu, nyalakan hair dryer dan atur suhu ke tingkat yang terendah.  

Saat menghangatkan smartphone sebaiknya jangan terlalu dekat, karena bisa berpengaruh terhadap komponen lainnya. Usahakan menghangatkannya fokus ke kamera HP.

Bersihkan casing HP

Bagi yang memakai casing tambahan dan terdapat lensa kameranya dapat mencobanya dengan melepaskan terlebih dulu.

Pasalnya, kamera HP yang “terhalang” oleh casing bisa menjadi penyebab hasil foto menjadi buram atau tidak jernih.

Jika memang benar masalah dari casing, bisa dibersihkan dengan memakai odol atau minyak kayu putih.

Pengaturan Kamera

Jika salah saat mengatur atau mensetting kamera bisa berakibat hasil gambar menajdi tidak jelas, bahkan terkadang cenderung gelap.

Untuk itu kembalikan pengaturan kamera seperti bawaannya (default). Caranya bisa dengan menggunakan software yang bisa diperoleh di Google Play, atau cara manual.

Apabila ingin memakai cara manual bisa dengan membuka setelah pada smartphone, kemudian masuk ke aplikasi dan cari kamera, jika sudah ketemu tekan pada “hapus data”

Jika cara di atas masih saja hasil kamera HP tetap buram atau tidak jelas, maka langkah terakhir adalah dengan mengganti lensanya.

Lensa kamera pada smartphone bukan hanya bisa kotor, namun dapat juga pecah atau retak, sehingga mempengaruhi kualitas hasil jepretan.

Apabila tidak percaya diri untuk mengganti lensa kamera HP sendiri, maka bisa membawanya ke reparasi atau tukang service HP. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -