Kemacetan Panjang di Jalur Utama Pangandaran-Banjar Diduga Akibat Proyek Jembatan

Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, didampingi Wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari, dan Sekda Kabupaten Pangandaran, saat meninjau lokasi proyek pembangunan jembatan di blok Lembah Putri, Rabu (03/07/2019). Photo: Madlani/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Terjadinya kemacetan panjang di jalur utama Pangandaran-Banjar diduga akibat adanya pembangunan jembatan di blok Lembah Putri, Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, didampingi Wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari, dan Sekda Kabupaten Pangandaran, langsung turun ke lapangan meninjau lokasi proyek pembangunan jembatan di wilayah tersebut, Rabu (03/07/2019).

Guna mengatasi terjadinya kemacetan, Jeje meminta kepada tim pelaksana proyek tersebut untuk dibuatkan kembali jembatan sementara atau jembatan bailey yang saat ini hanya ada satu.

“Jembatan sementara atau jembatan bailey bukan hanya dibangun satu jembatan seperti sekarang ini, tetapi harus dibuatkan dua jembatan, apalagi jalur ini sangat vital karena tidak ada lagi jalur alternatif,” kata Jeje, kepada sejumlah awak media saat berada di lokasi proyek.

Dengan dibuatnya dua jembatan bailey, maka kendaraan yang datang dari arah Banjar bisa masuk menuju Pangandaran dengan lancar, begitupun sebaliknya yang dari Pangandaran menuju Banjar.

Jangan seperti sekarang ini yang hanya menggunakan cara buka tutup jalur, sehingga keluar masuk kendaraan harus antri bergiliran. Hal itulah yang menimbulkan terjadinya kemacetan panjang.

Menurutnya, jika masalah ini tidak bisa teratasi dikhawatirkan menjelang musim liburan nanti akan diperparah dengan kemacetan panjang kendaraan hingga beberapa kilometer. Seperti halnya yang terjadi sekarang ini.

“Sekali lagi saya minta tim pelaksanaan proyek untuk membuatkan lagi jembatan sementara guna menormalisasikan kemacetan kendaraan dari arah Banjar menuju Pangandaran, dan juga sebaliknya. Saya pastikan hingga tanggal 24 bulan ini pembuatan jembatan bailey sudah harus selesai,” tanda Jeje.

Sementara itu, Cucu, pengawas pekerjaan proyek jembatan, memastikan bahwa yang diinginkan Bupati Pangandaran akan secepatnya direalisasikan oleh pihaknya.

“Jembatan sementara yang sudah dibuatkan memang tidak bisa menampung volume kendaraan dari arah Banjar ke Pangandaran, begitupun sebaliknya. Kita akan usahakan untuk membuat satu lagi jembatan sementara,” kata Cucu. (Madlani/R3/HR-Online)