Kementerian Pertanian Latih Poktan Kota Banjar Kelola Alsintan

Pelatihan Tematik Pengelolaan Alsintan dan Operator oleh Tim Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, di Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Provinsi Jawa Barat, menggelar Pelatihan Tematik Pengelolaan Alsintan dan Operator di aula Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Rabu (24/07/2019).

Irwan Waluya, selaku tim dari BBPP Lembang, mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut merupakan program dari Kementerian Pertanian untuk meningkatkan pengetahuan kelompok tani (poktan).

“Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan agar kelompok tani mahir melakukan perawatan, pengelolaan, dan pengoprasian Alsintan,” terang Irwan.

Pelaksana lokal dan Penyuluh Pertanian Kecamatan Pataruman, Eva Yulia, menambahkan, pelatihan operator Alsintan bekenaan dengan pekerjaan keseharian petani.

“Adapun peserta pelatihan ini diikuti oleh perwakilan dari kelompok tani tingkat desa dan kelurahan se-Kota Banjar,” kata Eva.

Sementara itu, Irwan, perwakilan dari Koptan Guna Tirta 2, Desa Rejasari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, mengaku mengikuti pelatihan ini untuk menambah pengalaman, sehingga dirinya menjadi lebih paham cara mengoprasikan dan merawat mesin atau alat pertanian. (Muhlisin/R3/HR-Online)