Koramil 1303 Bojong Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan kepada Pelajar di Ciamis

Koramil 1303 Bojong
Koramil 1303 Bojong saat memberikan wawasan kebangsaan pada siswa siswi SMK Miftahussalam, Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Koramil 1303 Bojong yang merupakan pendegasian tugas dari Kodim 0613 Ciamis gencar memberikan materi wawasan kebangsaan kepada generasi muda.

Koramil 1303 Bojong yang dipimpin seorang Kapten putra asli daerah Ciamis ini sengaja membuat jadwal sosialisasi ke sekolah-sekola, khususnya tingkat SLTA untuk memberikan materi wawasan kebangsaan. 

Seperti yang dilaksanakan pada Senin (22/7/2019), Komandan Koramil (Danramil) 1303 Bojong, Kapten Arm Endang Lili memberikan pelatihan kepemimpinan dan wawasan kebangsaan kepada siswa SMK Miftahussalam yang berada di desa Handapherang, kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. 

Di hadapan ratusan siswa SMK Miftahussalam, Endang berpesan kepada pelajar sebagai generasi muda, agar senantiasa merawat kemerdekaan yang sudah susah payah direbut oleh para pahlawan terdahulu yang rela mengorbankan jiwa raganya. 

“Kita harus merawat dan mengisi kemerdekaan ini dengan sungguh-sungguh agar negeri kita tidak hilang atau punah,” katanya.

Kapten Endang menuturkan, para pelajar harus mempunyai mimpi untuk menjadi orang sukses dan sejak sekarang harus dipersiapkan agar mimpi itu bisa terwujud. 

“Caranya yaitu belajar dengan sungguh-sungguh dan jangan berkecil hati meskipun kita berasal dari kampung dan kota kecil, sebagai gambaran coba kita lihat para Presiden Indonesia semua berasal dari kampung dan kota kecil,” jelasnya. 

Dia juga meminta kepada para pelajar untuk menjaga kekompakan dan persatuan, karena modal utama kemenangan bangsa Indonesia adalah persatuan.

Lebih lanjut, Kapten Endang mengimbau agar pelajar menghindari dan menjauhi narkoba, serta pergaulan yang tidak mencerminkan orang beragama.

“Pandai-pandailah memilah berita dan konten-konten yang ada di gadget, karena zaman sekarang zaman digital, segala berita dan konten bisa diakses, namun kita juga tidak boleh ketinggalan dengan pesatnya teknologi dan harus mampu bersaing dengan negara luar,” tandasnya.

Dalam memupuk semangat rasa kebersamaan, Koramil 1303 Bojong ini memberikan yel yel khusus untuk siswa SMK Miftahussalam yang diikuti dengan antusias oleh siswa siswi termasuk para dewan guru. (Jujang/R7/HR-Online)