Layar HP Ingin Dibersihkan, Ingat! Jangan Pakai Benda dan Bahan Ini

Layar HP Ingin Dibersihkan
Membersihkan layar HP dengan menggunakan kain microfiber. Foto : net/ist

Layar HP untuk model ponsel sekarang ini yang kebanyakan berukuran minimal 4 inci menggunakan LCD touchscreen. Memang nyaman dengan ukuran lebar seperti itu, terlebih saat bermain game atau menonton multimedia.

Namun masalahnya, bentuk layar sentuh itu sering rusak. Bisa dikarenakan terjatuh, terkena air, sudah berumur atau bahkan salah ketika membersihkan noda yang ada pada layar.

Nah, untuk membersihkan kotoran di layar HP ini memang bisa dikatakan mudah. Tapi, jika salah dalam memilih bahan untuk menghilangkan noda atau kotoran itu, maka bisa berakibat fatal.

Agar tidak terjadi seperti itu, berikut ini benda dan bahan yang “haram” dipakai untuk membersihkan noda di touchscreen, seperti HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Tisu Basah

Alasan melarang menggunakan benda yang satu ini untuk menghilangkan kotoran pada layar HP karena sama seperti yang diulas di atas.

Tisu basah selain mengandung air juga ada alkoholnya yang tentunya bisa berbahaya untuk smartphone itu sendiri. Memang alkohol yang ada pada tisu basah bisa bermanfaat untuk menghilangkan kuman.

Namun, untuk HP yang tidak didesain anti air tentu sangat riskan jika menggunakan bahan yang satu ini. Bukannya membuat touchscreen menjadi bersih, malah merusak bagian permukaan serta komponen yang ada di dalam.  

Selain tisu basah, tisu yang sering ada di toilet juga “haram” dipakai untuk mengelap layar. Pasalnya, tekstur yang ada pada tisu itu sedikit kasar, dan bisa menimbulkan goresan pada layar.

Paper towel

Paper towel atau kertas dapur berfungsi untuk menyerap atau membersihkan minyak/cairan. Kertas satu ini berbentuk seperti tisu, dengan ukuran yang lebar serta seratnya lebih kasar ketimbang tisu lainnya.

Dengan serat atau tekstur yang kasar ini tentu bisa berbahaya untuk layar HP. Karena bisa membuat atau menimbulkan goresan pada layar.

Sabun atau Deterjen

Seperti kita ketahui bahwa deterjen digunakan untuk membersihkan atau menghilang kotoran dan noda. Deterjen sendiri ada yang berbentuk cair, padat serta serbuk.

Mengapa deterjen “haram” dipakai untuk menghilangkan noda di layar HP? Pasalnya, yang berbentuk cair bisa berbahaya jika sampai cairanya masuk ke dalam, dan komponen ponsel bisa konslet.

Sedangkan deterjen serbuk saat akan dipakai untuk membersihkan akan ditambahkan dengan air, dan tentunya beresiko mengenai komponen di dalam smartphone apabila airnya banyak karena merembes ke dalam.

Apabila ingin menggunakan deterjen, sebaiknya memakai airnya jangan terlalu banyak. Cukup sedikit saja airnya dan tempelkan ke kain halus yang sudah ada deterjennya.

Alkohol

Menghilangkan noda pada layar HP dengan memakai alkohol memang banyak direkomendasikan orang banyak. Bahkan tidak sedikit artikel yang menulis bahwa alkohol mujarab membersihkan layar.

Padahal, zat yang satu ini bisa berbahaya untuk touchscreen terutama di bagian permukaan. Hal itu bisa berakibat merusak atau mengikis bagian pelindung touchscreen.

Selain itu, alkohol bukannya bakal membersihkan noda namun malah akan meninggalkan bekasnya pada layar smartphone.

Contoh bahan yang ada alkoholnya dan sering dipakai untuk membersihkan sesuatu antara lain pembersih kaca. Memang material smartphone hampir sama dengan kaca, jadi sah-sah saja jika memakai bahan itu.

Anggapan tersebut salah, karena zat yang biasa dipakai untuk membersihkan kaca ini memiliki kandungan bahan kimia yang lebih keras, sehingga bisa merusak touchscreen.

Kemudian ada juga bakan untuk menghilangkan make-up atau riasan yang biasa dipakai pada kulit wajah.

Di dalam pembersih riasan ini terdapat bahan alkohol serta zat kimia lain yang tentu berbahaya untuk permukaan atau pelindung layar HP.

Cuka

Mungkin Anda pernah melihat video di YouTube yang membersihkan layar HP dari noda atau kotoran dengan menggunakan cuka. Memang cara itu sangat efektif dan bisa membuat layar menjadi kinclong.

Et….. tapi sebentar, cara tersebut sebenarnya tidak benar. Pasalnya, lapisan oleophobic atau lapisan anti minyak yang biasa ada pada layar HP akan terkikis dan akhirnya menjadi hilang.

Namun, apabila Anda keukeuh ingin menggunakan cuka sebagai pembersih touchscreen, caranya dicampur dengan air dengan perbandingan 1:1. Tetapi, saat mempraktekannya harus hati-hati.

Sementara bahan atau benda yang disarankan untuk membersihkan noda pada layar HP bisa dengan menggunakan air serta kain microfiber, yang biasa dipakai untuk membersihkan kacamata. (Adi/R5/HR-Online)