Liga Askab PSSI Ciamis U-13 dan Divisi II U-15 Masuki Babak 8 Besar

Liga Askab PSSI Ciamis
SSB Bonansa dan Tunas Patriot FC bersiap menghadapi salah satu pertandingan Liga Askab PSSI Ciamis. Foto: Dok Askab PSSI Ciamis.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Liga Askab PSSI Ciamis U-13 digelar mulai tanggal 16 Juli 2019 dan akan berakhir pada 30 Juli 2019 mendatang. Kini, kompetisi yang digelar untuk mempersiapkan klub wakil Kabupaten Ciamis di Piala Surati tingkat Provinsi Jawa Barat ini sudah memasuki babak 8 besar.

Kompetisi yang mempertemukan bibit-bibit pesepakbola dari seluruh klub naungan Askab PSSI Kabupaten Ciamis ini digelar di Lapang Buldozer, Kelurahan Sindangrasa, Kabupaten Ciamis. Sementara final akan digelar di Stadion Galuh Ciamis.

Selain Liga untuk anak usia di bawah 13 tahun, Askab PSSI Ciamis juga menggelar kompetisi Liga U-15. Para pesepakbola usia di bawah 15 tahun ini berjibaku di Lapang Desa Werasari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis.

Ani Supiani, anggota Exco PSSI Kabupaten Ciamis, mengatakan kompetisi tersebut digelar untuk mempersiapkan pesepakbola Ciamis berlaga di Piala Suratin U-15 dan U-13 Tingkat Jawa Barat.

“Klub yang berhasil jadi juara di Liga U-15 maupun Liga U-13 selanjutnya akan mewakili Ciamis dalam Piala Suratin tingkat provinsi Jawa Barat,” ujar Ani kepada HR Online, Senin (22/7/2019).

Kata dia, digelarnya Liga Askab U-15 dan U-13 bertujuan untuk mempersiapkan bibit-bibit pesepakbola dalam satu kompetisi resmi.

“Jika dari Ciamis mereka sudah terbiasa melewati kompetisi liga yang panjang, maka saat bertanding di Piala Suratin tingkat Jabar nanti, mereka terbiasa dengan kompetisi, mentalnya terasah dan skilnya pun meningkat, dan klub yang terpilih adalah klub terbaik yang sudah melalui seleksi dalam kompetisi ini,” kata Ani.

Ani menambahkan, selain kompetisi untuk Liga U-15 dan U-13, rencananya Askab PSSI Kabupaten Ciamis akan menggelar Kompetisi Divisi I (U-17) & Divisi Utama (U-19) yang rencananya digelar pada September mendatang.

“Berkelanjutan, setelah U-15 dan U-13 selesai, selanjutnya Askab PSSI Ciamis akan menggelar kompetisi Liga untuk U-17 dan U-19, insya Allah September mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu, Hendra Suhendra, manajer kompetisi Liga Askab PSSI Ciamis, mengatakan Liga Askab PSSI Ciamis U-13 diikuti oleh 18 klub yang berada di bawah naungan Askab PSSI Ciamis. Ke-18 klub tersebut dibagi ke dalam 6 Grup, di masing-masing Grup ada 3 klub bersaing meraih poin paling tinggi.

“Untuk klub peserta Divisi II U-15 sedikit gemuk, kami bagi dalam 8 grup, karena ada 23 klub yang ikut berkompetisi,” terang Hendra.

Menurut Hendra, saat ini kompetisi Liga Askab PSSI Ciamis sudah memasuki babak 8 besar. Rencananya hari ini, Senin (22/7/2019) babak 8 besar mulai bergulir di Lapang Werasari Sadananya untuk Liga U-15 dan Lapang Buldozer, Ciamis untuk Liga U-13.

“Hari ini mulai babak 8 besar, puncaknya nanti tanggal 30 Juli 2019 babak final akan kami gelar di Stadion Galuh Ciamis,” pungkasnya.

Berikut Klub yang lolos babak 8 besar  Liga Askab PSSI Ciamis U-13: Tsapancis FC (Lakbok), Agunsya FC (Panumbangan), PSKS (Sukamantri), SSB Tunas Patriot (Banjarsari), SSB Buldozer (Ciamis), PSM Maleber (Ciamis), Wirautama FC (Ciamis) dan Putra Cisaga FC (Cisaga).

Sementara klub yang lolos 8 besar Liga Askab Divisi II (U-15) PSSI Ciamis adalah: Panawangan FC, Taruna Muda FC (Jatinagara), Agunsya FC (Panumbangan), Tunas Muda FC (Kawali), Sindangrasa FC (Ciamis), Putra Kerti FC (Pamarican), FC Junior (Cipaku), dan KFBC Persikar (Rancah). (Ndu/R7/HR-Online)