Lomba Adu Cepat Memasang Kultivator Ramaikan Hari Krida Pertanian di Kota Banjar

Memasuki hari ketiga gelaran Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 tingkat Kota Banjar di kawasan lapangan Terminal Bis Banjar diramaikan dengan lomba adu cepat bongkar pasang kultivator. Photo : Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Lomba adu cepat memasang kultivator meramaikan hari ketiga kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 tingkat Kota Banjar, Jawa Barat, yang digelar di lapang kawasan Terminal Bis Banjar sejak hari Selasa (09/07/2019).

Aip, panitia yang juga juri dalam kegiatan ini, mengatakan, lomba adu cepat memasang kultivator ini bertujuan agar para petani bisa mengoprasikan alat-alat pertanian, serta mengolah lahan darat, baik untuk palawija maupun sayuran.

“Untuk penilaian tentu ada kriterianya, diantaranya kecepatan, ketangkasan, kekompakan dan kerapihan. Semua peserta diharuskan mengoprasikan kultivator. Dalam lomba ini hampir semua desa mengikuti, dan untuk pengumuman pemenangnya nanti di hari penutupan,” terang Aip, kepada HR Online, di sela-sela kegiatan, Kamis (11/07/2019).

Rusli (35), dewan juri yang lain, menambahkan, dari hasil kegiatan ini nantinya bisa diterapkan di desa masing-masing. “Nanti juga ada peninjauan langsung ke lapangan,” imbuh Rusli.

Sementara, menurut Solihin, salah seorang peserta dalam lomba adu cepat itu, mengatakan, untuk membedakan dengan alat mesin pertanian yang lain, peserta lomba dari Desa Kujangsari, menjelaskan, penggunaan mesin kultivator ini untuk digunakan di kebun dan tanah yang sifatnya padat.

“Pemasangan perlengkapan atau alat-alat kultivator ini tidak terlalu sulit. Kalau cara penggunaannya sama seperti traktor. Hanya saja ini kan untuk di darat, jadi tenaganya harus lebih besar,” kata pria yang sehari-harinya bekerja sebagai tukang traktor.

Selain lomba adu cepat memasak kultivator, dalam kegiatan HKP tingkat Kota Banjar ini ada juga lomba cipta masakan dan lomba adu ketangkasan petani. (Muhlisin/R3/HR-Online)