Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat ikan gabus
Ikan gabus yang memiliki segudang manfaat. Foto: Net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Hampir setiap orang mengetahui manfaat ikan gabus bagi kesehatan. Kandungan di dalam hewan yang masuk dalam jenis predator air tawar ini begitu kaya akan protein, bahkan salmon pun terkalahkan. Meski sebagian orang takut dengan hewan yang memiliki nama ilmiah Channa Striata, namun siapa sangka sangat besar kegunaannya bagi kesehatan.

Kandungan dalam ikan yang biasa disebut Bogo ini, memiliki protein lebih dari 25 persen. Selain itu, kandungan albumin yang tinggi dalam hewan ini menjadi protein utama darah yang diproduksi hati. Albumin, sebagaimana dikutip dari Wikipedia, sangat berperan penting bagi tubuh manusia, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka. Adapun lainnya, ikan ini memiliki kandungan omega-3, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan juga air.

Ikan ini, memiliki kebiasaan memakan berbagai ikan yang berukuran kecil, serangga, ataupun hewan air lainnya. Bahkan, kodok ataupun kecebong kerap menjadi sasarannya. Sementara itu, gabus akan sangat mudah didapati di danau, sungai, rawa, sawah, maupun saluran-saluran air.

Berkaitan dengan manfaat ikan gabus, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, di antaranya mampu mempercepat penyembuhan luka sebagaimana kandungan albumin di dalamnya. Seperti halnya usai melakukan operasi, mengkonsumsi ini sangat membantu proses pengeringan luka.

Manfaat selanjutnya mampu mengatasi kekurangan gizi, memelihara otot, menjaga cairan di dalam tubuh agar tetap seimbang, baik untuk pencernaan serta menjadi nutrisi pertumbuhan, baik anak-anak, ibu hamil ataupun yang sedang menyusui.

Bagi penderita diabetes, ikan ini juga sangat baik untuk memenuhi kalori harian sebagaimana kandungan gizi yang ada di dalamnya. Sedangkan bagi yang ingin menjaga kesehatan mata, Vitamin A dalam ikan ini juga sangat berperan besar agar mata Anda tetap sehat, apalagi dalam ikan Bogo ini memiliki 150 G vitamin yang sangat manjut untuk mata.

Baca juga: Bisnis Budidaya Ikan Gabus di Ciamis Janjikan Untung Besar

Meskipun ikan ini terbilang enak dan lezat saat dikonsumsi, namun kenyataannya tidak semua orang menyukainya. Sebagai alternatif agar Anda bisa mengkonsumsinya, terutama bagi yang sedang melaksanakan pengobatan dari dokter, Anda bisa mencari ekstrak ikan gabus.

Sebelum Anda mengkonsumsi ekstrak ikan gabus ini, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu agar sesuai dengan takaran dan aturan kesehatan.

Melihat dari beberapa manfaat ikan gabus di atas, bisa menjadi alternatif menu di rumah Anda. Apalagi, kandungan di dalamnya melebihi ayam, salmon, daging sapi serta hewan lainnya. (Muhafid/R6/HR-Online)