Manfaat Kulit Durian yang Jarang Diketahui

Manfaat Kulit Durian. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup (harapanrakyat.com),- Sangat jarang orang mengetahui manfaat kulit durian. Padahal, kulitnya ini berguna sekali untuk kehidupan manusia, karena bisa sebagai obat maupun pengusir binatang yang sering ada di dalam rumah.

Dan, kebanyakan orang cuma memakan bagian dagingnya saja, karena memiliki rasa yang enak serta nikmat, aroma yang dikeluarkan bikin ketagihan.

Sedangkan kulitnya dibuang begitu saja, karena selain bentuknya yang sangar dan menakutkan, juga dikira tidak ada manfaatnya.

Penasaran akan manfaat kulit durian tersebut? Berikut ini ulasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Obat Bisul

Bagi yang pernah mengalami bisul pasti terasa menyakitkan, serta juga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih bisul tersebut berada di daerah yang terlihat seperti wajah tentu akan malu, sehingga menjadi tidak percaya diri.

Untuk mengatasi bisul tersebut selain menggunakan salep, Anda bisa pula menggantinya atau menggunakan kulit durian sebagai obat.

Caranya, kulit durian yang sudah disiapkan dibakar lalu dihaluskan. Setelah dihaluskan maka kulti durian itu disimpan ke wadah yang ada tutup.

Kulitnya yang sudah halus itu atau menjadi serbuk itu dapat digunakan sebagai pengganti salep yang berasal dari bahan kimia.

Sedangkan untuk mengaplikasi atau memakainya, taburkan bubuk durian itu ke area sekitar bisul. Jika ingin hasil maksimal, lakukan sebanyak 2 kali setiap hari, sampai bisul itu hilang.

Mengusir nyamuk

Manfaat kulit durian lainnya yaitu sebagai pengusir nyamuk. Sebab, bau yang bersumber dari olahan kulit durian ini sangat dibenci oleh serangga bahkan tikus.

Kulit durian itu dibakar lalu abu dapat dipakai sebagai pengganti obat nyamuk. Jadi untuk saat ini sehabis makan durian, kulitnya jangan langsung dibuang.

Obat jerawat

Bagi Anda yang memiliki serta ingin membersihkan jerawat khususnya di bagian wajah bisa diatasi dengan memakai bahan alami yang berasal dari kulit durian, karena memiliki sifat antibakteri.

Cara membuat dan menggunakannya tidak berbeda jauh dengan yang dilakukan mengatasi bisul. Kulitnya dibakar terlebih dulu, lalu dihaluskan serta sudah menjadi serbuk, dioleskan ke bagian wajah yang ada jerawatnya.  

Mengatasi sakit perut

Apabila ada keluarga atau saudara kebetulan sedang sakit bagian perut dan Anda habis makan durian, maka sebaiknya jangan langsung dibuang kulitnya. Karena bagian tersebut bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit perut.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengambil bagian dalam dari kulitnya. Setelah itu dihaluskan dengan cara di blender atau ditumbuk, lalu serbuknya ditaruh di bagian atas perut yang terasa sakit, biarkan kurang lebih 10 sampai 15 menitan.

Penambah energi

Manfaat kulit durian yang lainnya adalah sebagai penambah atau sumber energi bagi tubuh kita. Hal itu disebabkan karena di dalamnya terkandung selulosa serta lignin yang berguna sebagai karbohidrat yang merupakan sumber energi pengganti.

Pengusir tikus

Selain untuk mengusir nyamuk atau jenis serangga lainnya, kulit durian juga dijadikan sebagai pengusir tikus yang membandel terutama di dalam rumah.

Cara mengusir tikus yang sering mengganggu itu yakni setelah kulit durian dipotong beberapa bagian, lalu simpan pada setiap penjuru atau jalan yang keraap menjadi jalan tikus.

Aroma khas bersumber dari durian ini dapat menyingkirkan hewan pengerat yang terkenal kotor serta jijik ini dari plafon bahkan di dalam rumah.

Nah jika sudah mengetahui manfaat kulit durian yang sudah diulas di atas, jadi mulai sekarang ini jangan sampai langsung dibuang. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...