Kulit Kering Selama Musim Kemarau Bisa Timbulkan Iritasi, Atasi Sebelum Terlambat!

Iritasi, Atasi Sebelum Terlambat! Kulit kering bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satu yang paling mempengaruhi adalah perubahan cuaca, seperti musim kemarau saat ini. Photo : Ilustrasi.

Kulit kering selama musim kemarau bisa menimbulkan iritasi pada kulit jika tidak segera diatasi. Kulita yang kering bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satu yang paling mempengaruhi adalah udara dingin saat kemarau.

Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya lakukan beberapa cara guna mengatasinya. Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Jum’at (26/07/2019), berikut ini beberapa cara untuk menghindari kulit kering selama musim kemarau.

Gunakan Pakaian Tebal

Menggunakan pakaian tebal menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit yang kering akibat suhu dingin selama musim kemarau. Karena, pakaian yang tebal mampu menjaga suhu tubuh tetap hangat sehingga bisa melembapkan kulit.

Basuk Wajah dengan Air Hangat

Memang tidak ada salahnya membasuh wajah dengan air hangat, tapi jika terlalu lama terkena air hangat maka minyak alami pada wajah akan hilang. Hal ini bisa membuat wajah iritasi.

Untuk wajah yang sensitif, bersihkan wajah dengan sabun pencuci muka. Jangan menggunakan pembersih yang justru akan membuat wajah terasa lebih kencang.

Jaga Kelembapan Tubuh

Agar kulit tetap lembap, setelah mandi dan mengeringkan badan dengan handuk, pakai krim atau body lotion yang memiliki kandungan anti oksidan dan ceramide saat kulit masih setengah basah. Pastikan pula pelembap yang dipilih cocok dengan jenis kulit Anda.

Pori-pori kulit yang masih setengah terbuka akan menyerap body lotion ke dalam kulit dan memberikan kelembapan yang lebih lama. Jika perlu, pakai juga pelembab yang mengandung minyak alami seperti minyak kelapa, argan, dan kelapa untuk menghaluskan bagian tubuh yang kering.

Masker Tubuh

Masker yang biasa digunakan i di wajah ternyata bisa berguna juga untuk beberapa bagian tubuh yang kering, misalnya sikut, lengan, atau kaki. Masker yang mengandung asam hyaluronat dan gliserin aman digunakan untuk bagian tubuh yang kering.

Setelah memakai masker tubuh, diamkan selama lima sampai tujuh menit, dengan begitu Anda akan merasakan bagian tubuh Anda lebih lembab.

Minum Air Putih

Cara paling penting untuk mengatasi kulit yang kering adalah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jangan lupa minum air putih sebanyak delapan gelas atau lebih dalam setiap harinya untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Berendam Susu

Susu mempunyai segudang manfaat baik untuk kulit, khususnya bagi kulit yang kering dan bersisik. Ketika kulit terasa kering, cobalah Anda mandi susu. Namun, pastikan dulu susu yang dipakai adalah murni dari perahan sapi.

Namun, jika bagian kulit yang kulitnya hanya sedikit, Anda dapat melakukan perawatan dengan cara merendam kain ke dalam susu, lalu setelah itu dikompreskan ke kulit.

Lakukan Cara Alami

Selain memakai skincare dan produk kecantikan, Anda juga bisa melakukan cara alami untuk membuat kulit lebih lembab. Misalnya, menyalakan humidifier atau alat untuk melembapkan ruangan di malam hari.

Menurut para ahli, cara tersebut dapat membantu produk skincare untuk lebih menyerap masuk ke dalam kulit. Anda juga bisa menggunakan suplemen minyak ikan untuk meningkatkan kelembapan tubuh. Jangan lupa, minum juga air putih yang cukup. (Eva/R3/HR-Online)