Mengucek Mata Tidak Baik untuk Kesehatan, Ini Bahayanya

Mengucek Mata Tidak Baik untuk Kesehatan
Kebiasaan mengucek mata dengan menggunakan tangan. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup (harapanrakyat.com),- Kebiasaan mengucek mata dengan menggunakan tangan biasanya dilakukan ketika baru bangun tidur, rasa gatal atau ada sesuatu benda yang masuk.

Karena sudah menjadi kebiasaan maka kegiatan mengucek ini sering dianggap wajar bahkan bisa dianggap sebagai solusi yang mujarab.

Padahal jika dilakukan secara sering bisa berakibat atau membahayakan bagi kesehatan terutama mata.

Saat Anda mengucek mata, maka secara tidak sadar atau reflek bagian mata akan tertekan oleh tangan. Sehingga jika kegiatan ini sering dilakukan efeknya adalah rubahnya bentuk mata, dan parahnya bisa rusak.  

Padahal, mata adalah bagian terpenting dari anggota tubuh yang memiliki pembuluh darah tidak sedikit.

Apa saja bahaya dari mengucek bagian mata? berikut ini ulasannya yang HR Online rangkum dari hellosehat.

Timbulnya mata panda

Mayoritas orang beranggapan bahwa timbul atau munculnya mata panda atau lingkaran hitam yang ada dibawah mata dikarenakan dari kurangnya tidur. Padahal, terlalu sering dan keras saat menggosok mata maka akan menimbulkan mata panda.

Meski mata panda bukan sesuatu yang berbahaya, namun untuk Anda yang mengedepankan penampilan tentu sangat mengganggu. Karena dengan kantung mata yang besar akan merusak penampilan.

Sementara jika sudah terlanjur keluar mata panda maka solusinya adalah dengan menggunakan krim khusus, atau bisa juga memakai timun.

Karena di dalam timun itu terkandung sodium berfungsi menghilangkan air di bawah mata.

Radang

Mengucek mata bisa spontan karena ada rasa gatal di sekitar mata. Padahal, mata sendiri memiliki kelenjar minyak yang kecil dan terletak di dasar bulu mata.

Apabila kelenjar tersebut terhalang, maka bagian kelopaknya bakal mengalami radang serta bengkak dan mata menjadi merah, serta menjadi peka terhadap cahaya.

Infeksi

Tangan yang dijadikan “sarana” untuk menggosok mata jika tidak bersih dapat menyebabkan infeksi. Itu dikarenakan, tangan yang kotor ini biasanya terdapat kuman-kuman.

Sehingga jika dilakukan secara sering, maka infeksi akan bertambah parah, ditambah lagi munculnya bintitan.

Selain itu masalah kesehatan lainnya akibat terlalu sering mengucek mata adalah Konjungtivitis atau mata merah.

Pada bagian bola mata dibungkus oleh lapisan, dan jika lapisan tersebut kena iritasi baik oleh debu, jamur bakteri, virus atau lainnya yang berasal dari tangan atau bisa juga angin, maka akan timbul radang.

Perubahan bentuk pada kornea mata

Melansir dari Vision Eye Institute bahaya lainnya karena terlalu sering mengucek mata yaitu terjadinya perubahan bentuk pada kornea mata. Itu disebabkan karena korea mata lama kelamaan menipis.

Sementara bentuk korea yang normal mirip kubah atau bola. Dan perubahan itu menjadi seperti berbentuk kerucut atau menonjol keluar. Dan masalah tersebut dinamakan Keratoconus.

Perubahan bentuk pada kornea mata ini dikarenakan rusaknya sel-sel tersebut serta tidak dapat lagi menjaga bentuk kornea yang normal.

Apa yang akan terjadi jika sudah terkena Keratoconus? Menurut para ahli kesehatan mata, yang bakal dirasakan adalah pandangan menjadi buram, berkabut atau tidak jelas, dan peka terhadap cahaya.

Jika sudah begitu maka supaya melihat bisa jelas harus menggunakan alat bantu, bisa lensa kontak atau kacamata.

Miopia

Rabun jauh atau bahasa ilmiahnya miopia bisa terjadi karena sering mengucek mata. Kebiasaan itu dapat menjadikan retina yang lemah ini semakin membuat kondisi bertambah parah.

Miopia ini timbul karena kondisi mata yang tak bisa memfokuskan sinar yang masuk pada retina. Akibatnya penglihatan mata menjadi kabur atau bertambah buruk.

Glaukoma

Saraf mata bisa rusak karena adanya tekanan dari luar. Dan tekanan itu bisa disebabkan oleh tangan yang tanpa disadari sedang mengucek mata. Itulah yang menyebabkan muncul penyakit glaukoma.

Glaukoma ini bisa membuat mata menjadi buta jika bertambah parah dan tidak segera ditangani langsung.

Lantas bagaimana jika ada benda atau sesuatu yang masuk ke mata? Cara mengatasi hal tersebut bisa dengan memakai obat tetes mata.

Dan jika mata terasa gatal jangan langsung dikucek, namun cekup dengan berkedip beberapa kali dengan cepat. Atau bisa mencoba mengompresnya selama 1 sampai 3 menit dengan kapas yang sudah direndam dalam air dingin.

Untuk itu, apabila tidak ingin mata tetap sehat, maka mulai dari sekarang hindari mengucek mata. (Adi/R5/HR-Online)