Menyambut Agustusan, Warga Kota Banjar Manfaatkan Botol Plastik untuk Hiasi Kampung

Menyambut Agustusan, warga Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, memanfaatkan botol plastik bekas minuman Yakult sebagai penghias lampu. Photo : Istimewa.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Menyambut Agustusan, warga Lingkungan Tanjungsukur, RT.4/16, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, memanfaatkan botol plastik bekas minuman Yakult sebagai penghias lampu.

Ide kreatif itu dilakukan Johan, warga setempat. Ia merangkai botol plastik bekas minuman tersebut menjadi penghias lampu yang kemudian dipasang di jalan gang sempit di depan rumahnya, sehingga jalan gang pun terlihat indah saat malam hari.

“Sebentar lagi kan bulan Agustus, peringatan kemerdekaan tuh. Jadi buat giat Agustusan di lingkungan biar lebih meriah, saya memanfaatkan botol bekas ini sebagai penghias jalan gang sempit,” ujar Johan, kepada HR Online, Selasa (23/07/19).

Rencananya, selain hiasan botol bekas, di sepanjang gang masuk lingkungan rumahnya juga akan dipasang lampu hias. Menurut Johan, pemakaian botol bekas sebagai hiasan selain memanfaatkan limbah, bahannya juga mudah didapat dan tidak memerlukan biaya banyak.

Apa yang dilakukan Johan ternyata mampu menarik warga sekitar. Salah satunya Indra, tokoh pemuda di lingkungan setempat, turut mendukung kreatifitas yang dilakukan oleh Johan.

“Itu hal positif, sangat bagus dan bisa memotivasi anak muda untuk berkreasi, terlebih memasuki bulan kemerdekaan RI, sehingga bisa menumbuhkan semangat nasionalisme,” katanya.

Selain itu, dalam rangka menyambut Agustusan, Indra juga mengajak anak-anak muda setempat untuk menjaga kebersihan lingkungan, melakukan hal-hal produktif, dan belajar memanfaatkan limbah menjadi barang bernilai jual.

Senada dikatakan Bobi, warga lainya yang berharap antusiasme dalam menyambut hari kemerdekaan RI ke-74 pada 17 Agustus mendatang, di lingkunganya bisa berlangsung meriah. (Muhlisin/R3/HR-Online)