Minat Baca Siswa SMKN 1 Ciamis Diharapkan Meningkat

SMKN 1 Ciamis
Untuk meningkatkan minat baca siswa, SMKN 1 Ciamis menyediakan sarana membaca (outdour) berupa GAZEBO. Foto : Fahmi Albartiansyah/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam perlombaan perpustakaan tingkat SMA/ SMK se-Jawa Barat, SMKN 1 Ciamis meraih  Juara II. Hal tersebut menjadi sebuah kebanggan besar dikarenakan baru pertama kali SMK di Ciamis mendapatkan tropi juara lomba perpustakaan.

Kepala Perpustakaan , Budi Nugraha, mengatakan, menjadi suatu kebanggan besar bagi keluarga besar SMKN bisa meraih juara ke II perpus terbaik tingkat Jawa Barat tahun 2019.

“Kami sangat bangga dengan raihan tropi terbaik dalam ajang penilaian perpustakaan di tingkat jawa barat ini,” paparnya.

Budi menambahkan minat baca di sekolahnya sangat tinggi. Hal itu diketahui karena setiap harinya 200 pengunjung dari kalangan siswa yang datang untuk mambaca di perpustakaan sekolah. Program itupun sejalan dengan program literasi (minat baca).

“Upaya sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa SMKN 1 Ciamis tidak hanya mempunyai perpustakaan indoor saja, akan tetapi kami juga menyediakan sarana membaca (outdour) berupa GAZEBO,” katanya.

Menurut Budi, Gazebo yang dilengkapi dengan buku-buku perpustakaan menjadi daya tarik siswa untuk membaca. Selain itu, sekolah juga mempunyai perpustakaan keliling berupa mobil sekolah untuk berkeliling ke sekolah-sekolah di SMP di Ciamis .

“Kekurangan kami dalam segi penilaian, pada saat perlombaan, hanya diakreditasi saja. Namun hal tersebut sudah diatasi dan sedang dalam proses,” katanya.

Budi berharap, dengan juaranya SMKN 1 Ciamis di tingkkat Jawa Barat tahun 2019, minat baca di sekolah lebih meningkat lagi. Karena dia meyakini, buku merupakan udangnya ilmu. (Fahmi/Koran HR)