Minggon, Cara Desa di Ciamis Rumuskan Pembangunan Bersama Warga

Minggon
Kegiatan minggon yang digelar Pemdes Karangkamulyan. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Hampir setiap desa di Kabupaten Ciamis melaksanakan kegiatan Minggon setiap minggunya. Agenda rutin ini pun menjadi salahsatu kegiatan wajib setiap pemerintah desa dalam rangka membahas beberapa agenda penting yakni hal-hal mengenai kegiatan hasil kinerja aparatur Desa. 

Seperti halnya Desa Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rutin melaksanakan Minggon setiap hari Kamis. 

Kepala Desa Karangkamulyan, M Abdul Haris, mengatakan, Minggon Desa menjadi salah satu forum staregis dalam menyelesaikan problematika membangun desa, menjadi media tukar pikiran antara Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa serta lembaga desa lainnya. 

“Dari minggon desa inilah bagaimana Kami membangun Desa, membangun kabupaten dan Membangun provinsi kami,” katanya, Kamis (18/7/2019). 

Pemerintah Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, pun melaksanakan Minggon setiap hari Kamis. Kades Handapherang Abdurachman, mengatakan, kegiatan rapat minggon desa yang diadakan setiap Kamis bersifat harus dan wajib diikuti oleh seluruh perangkat desa, baik staf, kepala dusun maupun RT dan RW.

“Diadakannya rapat minggon ini untuk memberikan pengetahuan serta informasi kepada seluruh perangkat desa, sehingga lebih mengerti dan paham dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai pelayan masyarakat,” katanya. 

Seluruh perangkat desa, lanjutnya, hendaklah lebih semangat dan pro-aktif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, sehingga masyarakat dapat dilayani dengan sebaik-baiknya.

“Pelayanan terhadap masyarakat harus diutamakan, baik secara administrasi maupun kerperluan lain yang dibutuhkan,” lanjutnya.

Selain itu, Abdurachman menyampaikan bahwa program pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis, baik yang sudah maupun yang akan dilaksanakan harus disambut dan didukung.

“Pembangunan yang sudah dan akan dilaksanakan harus kita dukung, sehingga Desa Handapherang bisa lebih baik dan lebih maju lagi,” ungkap Abdurachman. (Jujang/R6/HR-Online)