Nanang Permana Ketua DPC PDIP Ciamis, Akan Cetak 20 Kader Muda di Setiap Desa

Nanang Permana
Ketua DPC PDIP Kabupaten Ciamis, Nanang Permana. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Konferensi Cabang (Konfercab) serentak PDIP yang digelar di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (14/07/2019) lalu, menghasilkan struktur kepengurusan baru di tubuh DPC PDIP Kabupaten Ciamis. Nanang Permana terpilih sebagai Ketua DPC PDIP Kabupaten Ciamis periode 2019-2024 menggantikan posisi Oih Burhanudin yang saat ini menempati jabatan baru sebagai bendahara DPC PDIP Ciamis. Sementara Sekretaris dipegang Syarif Sutiarsa. 

Nanang Permana berambisi, di tahun 2024 PDIP harus memimpin di Kabupaten Ciamis. “Bukan hanya mempertahankan kemenangan di Pemilu, tapi tahun 2024 PDIP harus memimpin Kabupaten Ciamis,” kata Nanang saat diwawancarai wartawan Rabu (17/7/2019). 

Untuk mencapai ambisi tersebut, Nanang memaparkan sejumlah misi strategis salah satunya menyiapkan kader yang memadai. Sebagai ketua partai pemenang pemilu, Nanang bertekad terus menambah suara partai yang sempat menurun pada Pileg 2019 lalu di Ciamis. 

“Saya akan turun langsung ke setiap ranting di Kabupaten Ciamis. Di setiap ranting, kami akan siapkan 20 orang kader muda usia maksimal 30 tahun, kader ini akan dibina agar mampu meningkatkan suara PDIP di Desa-nya masing masing,” ujar Nanang yang saat ini menjabat Ketua DPRD Ciamis. 

Pihaknya pun, lanjut Nanang, akan membenahi struktur internal partai dengan membentuk dan mengisi kepengurusan kader sampai anak ranting (Dusun) di setiap Desa di Kabupaten Ciamis. “Selama ini belum semua ranting memiliki anak ranting. Ini yang membuat suara PDIP stagnan. Anak ranting harus terisi agar mampu mendongkrak suara partai,” ucapnya. 

Nanang mengatakan, pada tahun 2021, pihaknya berencana akan menggelar pendidikan saksi partai. Menurutnya, saksi partai harus dipersiapkan jauh jauh hari agar mereka benar-benar siap menjadi saksi baik dalam momentum Pilkada maupun Pileg. 

“Saksi partai itu tugasnya sangat vital, harus diberi pendidikan dan pembekalan dulu. Selama ini saksi TPS kebanyakan dadakan sehingga lemah, ini yang akan saya ubah,” jelasnya. 

Misi selanjutnya tambah Nanang, adalah membangun kemandirian ekonomi di tingkat pengurus kecamatan atau PAC. Selama ini kegiatan PAC selalu saja dibiayai DPC. 

“Membentuk usaha koperasi menjadi salah satu pilihan untuk menguatkan kemandirian ekonomi PAC, kedepan PAC harus mandiri dan bersumbangsih ke DPC,” tandasnya.

Mengenai peluang dirinya kembali menduduki kursi Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana, mengatakan, meski sekarang menjabat ketua partai, belum tentu terpilih kembali. Karena di PDIP terdapat makanisme dengan sistem penjaringan dalam memilih pimpinan DPRD.

“Ada tes kompetensi atau uji kelayakan saat memilih pimpinan DPRD. Nanti 3 orang diusulkan ke DPD PDIP Jabar. Kemudian diseleksi untuk dipilih salah satunya. Calon yang dianggap paling baiklah yang berhak menduduki kursi Ketua DPRD Ciamis,” katanya.

Menurut Nanang, saat dulu dirinya terpilih menjadi pimpinan DPRD Ciamis dari utusan PDIP, jabatan di partai bukan sebagai ketua, sekretaris atau bendahara. Waktu itu jabatannya hanya sebagai Wakil Ketua DPC PDIP Ciamis.

“Tapi waktu itu saya diusulkan ke dalam 3 calon pimpinan DPRD. Kemudian mengikuti seleksi dan Alhamdulilah terpilih sebagai pimpinan DPRD utusan PDIP. Jadi, meski saya ketua partai, bisa saja nanti saya kalah dalam persaingan seleksi, sehingga tidak terpilih menduduki jabatan Ketua DPRD Ciamis yang dimiliki oleh PDIP,” pungkasnya. (Jujang/Fahmi/R2/HR-Online)