Obwis “Cadas Ngampar” Ciamis Perlu Penanganan Serius

Cadas Ngampar Ciamis
Obyek Wisata Cadas Ngampar Ciamis yang berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Obyek Wisata Cadas Ngampar Ciamis yang berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya memiliki prospek cerah untuk menarik wisatawan. Pengunjung menilai pengembangan detinasi wisata tersebut butuh perhatian dan penanganan serius dari pemerintah setempat.

Mansur, pengunjung asal Ciamis, Selasa (02/07/2019), mengatakan, obyek wisata Cadas Ngampar Ciamis ini memiliki prospek cerah untuk menarik minat wisatawan. Namun, sayangnya potensi wisata ini masih bersifat alami, tidak disertai dengan fasilitas lainnya.

“Kalau saja destinasi wisata ini lengkap dengan fasilitas bermain untuk anak-anak, bisa dipastikan minat pengunjung akan terus bertambah. Sebab, dengan kondisi yang sifatnya alami saja, lokasi ini setiap hari ramai dikunjungi wisatawan,” katanya.

Wawan, pengunjung lainnya, mengatakan, secara geografis destinasi wisata ini memiliki kontruksi alam yang cukup dan bahkan unik. Sebab, selain aliran air yang sangat jernih, di sepanjang aliran sungai penuh dengan hamparan batu yang bisa dijadikan untuk lokasi swapoto.

Panorama alamnya juga tidak kalah dari wisata lain. Apalagi letaknya ada di sekitar pemukiman dan pesawahan. Meski belum begitu populer, namun keberadaan obyek wisata ini telah tercium hingga keluar Kabupaten Ciamis. 

Menurut Wawan, tanpa harus mengurangi keasrian dan keindahan alamnya, alangkah baiknya obyek wisata tersebut dilengkapi dengan fasilitas. Sehingga minat wisatawan terus bertambah. Sebab, saat ini keberadaan wisata ini hanya ideal dijadikan tempat wisata atau rekreasi air.

Totong, tokoh masyarakat Desa Gunungsari, membenarkan, wisata tersebut butuh perhatian khusus untuk pengembangannya. Sebab, selama ini belum dilengkapi dengan fasilitas atau sarana bermain.

Di lokasi obyek wisata hanya baru dibangun tempat lesehan saja. Salah satu kendalanya memang terbentur biaya. Sebab, selama ini baru dibiayai oleh pemerintah desa setempat. Agar destinasi wisata Cadas Ngampar Ciamis bisa menggenjot wisatawan, diharapkan Dinas Pariwisata dapat memberikan dana untuk pengembangannya.

“Biar tidak kalah dengan obyek wisata lain yang menawarkan pemandangan eksotis,” harapnya. (Dji/Koran HR)