“Pasukan Ungu” Ujung Tombak Peraih Adipura Kabupaten Ciamis

Adipura Kabupaten Ciamis
Pasukan Ungu Kabupaten Ciamis yang menjadi ujung tombak diraihnya penghargaan Adipura. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Salah satu ujung tombak dalam meraih Penghargaan Adipura Kabupaten Ciamisyaitu kebersihan kota. Dan saat ini, daerah yang dikenal tatar Galuh ini mempunyai pasukan khusus yang disebut pasukan ungu. Pasukan inilah yang selalu menangani persampahan di wilayah perkotaan.

Kasi Kebersihan DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Ajat Jatnika, mengungkapkan saat ini DPRKPLH mempunyai 159 orang pegawai harian lepas yang bertugas sebagai penyapu jalan. Mereka di tempatkan di empat kecamatan di Kabupaten Ciamis.

Diantaranya, sebanyak 127 orang ditempatkan di wilayah perkotaan Ciamis, 10 orang di Kawali, 14 orang di wilayah Banjarsari dan 8 orang Panumbangan.

“Benar ada 159 orang pasukan ungu yang tersebar di 4 kecamatan. Pasukan ungu selalu berusaha mengupayakan tidak ada sampah yang menginap di pinggir jalan. Istilah ini bisa disebut dengan sapu bersih sampah,” katanya.

Ajat menambahkan, untuk tenaga harian lepas (THL) sendiri dibagi menjadi 2 ship. Ship pertama dari jam 6 pagi hingga jam 10. Dan ship kedua dari jam 12 hingga jam 4 sore. Masing-masing ship hanya bekerja selama 4 jam untuk membersihkan ruas jalan.

Dalam hal mengatasi sampah, lanjut Ajat, bukan hanya pasukan ungu, pada sore haripun pihaknya mempunyai team “sapu bersih” sampah yang khusus menggunakan PIAR. Tugasnya untuk mengatasi sampah pada sore, sehingga diharapkan Kota Ciamis akan terbebas dari masalah sampah.

“Selama ini masalah sampah  benar-benar menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Maka dari itu kami akan membuat pilot project. Kedepannya, ada waktu waktu tertentu bagi masyarakat untuk membuang sampah,” katanya. (Fahmi/Koran HR)