Pawai Ta’aruf MTQH Kabupaten Ciamis 2019, Jalan Kawali-Sadananya Macet

pawai ta'aruf MTQH Kabupaten Ciamis 2019
Salah satu ruas jalan Kawali-Sadananya dipadati peserta pawai ta'aruf MTQH Kabupaten Ciamis 2019, Selasa (9/7/2019). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Akses jalan raya Kawali-Sadananya sempat macet total saat perhelatan pawai ta’aruf MTQH Kabupaten Ciamis 2019. Seperti diketahui hari ini, Selasa (9/7/2019) merupakan hari pembukaan MTQH Kabupaten Ciamis.

Antrian kendaraan roda dua maupun roda empat mencapai lima kilometer di lintasan Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kemacetan tersebut terjadi saat para kafilah dan peserta pawai ta’aruf MTQH dari luar Kecamatan Cipaku melewati akses jalan yang sama.  

Usman Ali, koordinator pawai ta’aruf dari Kecamatan Cipaku mengatakan, macetnya akses jalan raya Kawali-Sadananya, disebabkan oleh dua hal.

“Jadi selain Desa Ciakar dijadikan titik kumpul para peserta pawai ta’aruf dari Kecamatan Cipaku, nah peserta dari Kecamatan Cikoneng dan Sadananya juga menggunakan akses jalan yang sama, yaitu jalan Sadananya Kawali. Maka otomatis jalan macet total,” terang Usman.

Lanjut Usman, banyak peserta dari luar Kecamatan Cipaku yang memilih untuk melewati jalan Kawali Sadananya lantaran merupakan jalan alternatif yang yang jarak tempuhnya lebih dekat.

“Apalagi dibandingkan dengan menggunakan jalan raya Kawali Ciamis, kalau lewat jalan Kawali-Sadananya itu lebih dekat,” kata Usman.

Sementara Aiptu Asep  H, Kanit Lantas Mapolsek Kawali mengatakan, kemacetan jalan bukan hanya terjadi di jalan raya Kawali Sadananya. Namun, kepadatan lalu lintas itu juga terjadi di seluruh ruas jalan yang dipadati para peserta pawai ta’aruf MTQH Kabupaten Ciamis 2019.

“Macet bukan hanya di jalan Kawali-Sadananya, tetapi juga hampir di ruas jalan yang dipadati para peserta  pawai yang jalan kaki maupun yang bawa kendaraan, semuanya macet,” katanya. (Edji/R7/HR-Online)