Pembangunan Jembatan Sebabkan Macet, 27 Juli Diberlakukan Satu Jalur dari Pangandaran

Jamaah Haji Pangandaran
Kemacetan akibat pembangunan jembatan di jalan nasional menuju Pangandaran. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pembangunan Jembatan Viaduct atau yang akrab disebut Piade di Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang kerap membuat arus lalu lintas di jalur nasional di jalur selatan mengalami macet.

Bupati Pangandaran, H Jeje Wiradinata, pun angkat biacara terkait pembangunan jembatan yang justru membuat warga dan pengguna jalan menggerutu lantaran arus lalu lintas menjadi macet.

Menurutnya, solusi kemacetan tersebut bisa ditangani dengan pemasangan jembatan bailey di Cikidang seperti halnya pada saat jembatan Putrapinggan dulu. Ia mengharapkan adanya  jembatan sementara tersebut 2.

“Kalau di Cikidang ada dua jembatan bailey, dan di Viaduct Putrapinggan diberlakukan satu jalur, Insya Alloh akan bisa mengurai kemacetan,” katanya.

Guna menangani permasalahan tersebut, Koordinator Lapangan pembangunan jembatan dari Kementrian PUPR RI, Cucu Wilmansyah, menyebut awal mulanya pihaknya berencana memasang jembatan bailey. Namun karena waktu pemasangannya cukup lama, sehingga rencana tersebut pun dibatalkan.

“Kami juga harus menggarap jembatan yang ada di Cikidang, jadi kalau harus bikin jembatan bailey, hanya membuang-buang waktu saja,” ucapnya, Kamis (18/7/2019).

Sebagai solusinya mengatasi kemacetan, pihaknya pun menginginginkan pemberlakukan satu jalur di jembatan dari arah Pangandaran. Pasalnya, pengerjaan jembatan sudah mencapai 50 persen.

Pemberlakuan sistem satu jalur tersebut, lanjut Cucu, akan dilaksanakan pada 27 Juli mendatang yang awalnya akan dilaksanakan pada 24 Juli.

“Ya mudah-mudahan saja pada bulan Agustus mendatang bisa dibuka seluruhnya,” pungkasnya. (Enceng/R6/HR-Online)