Pemdes Jayaraksa Buka Akses Jalan Penghubung 2 Kecamatan di Ciamis

Pemdes Jayaraksa
Jalan penghubung kecamatan Cidolog dan Kecamatan Cimaragas yang dibuka Pemdes Jayaraksa. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka memperlancar laju perekonomian warga, Pemerintah Desa Jayaraksa, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kini membuka akses jalan baru yakni jalan Cidadap, Dusun Cipeuteuy sepanjang kurang lebih 663 meter. Jalan yang dibuka Pemdes Jayaraksa tersebut menghubungkan dua kecamatan yakni kecamatan Cimaragas dan Cidolog. 

Kepala Desa Jayaraksa Kecamatan Cimaragas, Hj Aan Kusmayati mengatakan, pembukaan jalan Cidadap tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu menggunakan Dana Desa. 

“Tahun lalu hanya pembukaan dan pembuatan akses saja, belum sampai pengetapan batu,” ujar Hj Aan, Rabu (17/7/2019). 

Kata dia, melalui Dana Desa tahap dua tahun 2019 senilai Rp 60 juta, kini Pemdes Jayaraksa telah melaksanakan pengetapan batu sepanjang 210 meter dan kirmir 120 meter. 

“Secara bertahap saja, karena anggaran dari Dana Desa dibagi bagi sesuai hasil musyawarah desa,” ucapnya. 

Lebih jauh Hj Aan, menyatakan, pembukaan jalan tersebut sebagai akses masyarakat petani yang memiliki lahan di Cidadap. Ada hektaran sawah di sana, sehingga jika sudah terbuka akses jalan, bisa mempercepat dan memudahkan petani membawa hasil panen. 

“Selain itu, jalan yang dibuka ini menghubungkan dua kecamatan yakni Cimaragas desa Jayaraksa dan Cidolog tepatnya desa Janggala, ini akan jadi akses vital dua kecamatan, hanya memang terkendala jembatan yang masih memakai jembatan gantung tidak layak pakai,” katanya. (Jujang/R7/HR-Online)