Pemdes Sukajadi Ciamis Tingkatkan Kualitas Jalan Desa dengan Aspal Semi Hotmix

Jalan Semi Hotmix
Pemdes Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat bersama Ketua BPD, Ketua LPM, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Sukajadi saat memantau pengaspalan semi hotmuix. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Pemerintah Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melaksanakan peningkatan kualitas jalan lingkungan desa dari lapen ke semi hotmix.

Menurut Kepala Desa Sukajadi, H Emo Suherlan, penggunaan aspal semi hotmix pada jalan lingkungan desa ini agar lebih awet dan tidak mudah berlubang.

“Selama ini pakai aspal lapis penetrasi mudah rusak, namun dengan aspal semi hotmix terbukti kuat dan tidak mudah berlubang,” katanya, Senin (29/7/2019) saat memantau pengaspalan semi hotmix bersama Ketua BPD, Ketua LPM, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Sukajadi.

Dia menyebut, pengaspalan semi hotmix dilakukan di jalan Senekung dari perbatasan Desa Sukajadi-Werasari hingga jalan protokol sepanjang 2.083 meter.

Sebelumnya kata Emo, dilaksanakan pengaspalan semi hotmix dari anggaran Dana Desa tahap 1 tahun 2019 sepanjang 914 meter.

“Pada DD tahap kedua ini kita selesaikan pengaspalan semi hotmix sepanjang 1.169 meter dengan lebar 2,5 meter menghabiskan anggaran Rp 247 juta,” katanya.

Pengaspalan jalan semi hotmix ini, lanjut Emo, dimulai dari hari Rabu (24/7/2019) dan ditargetkan hari Senin (29/7/2019) ini selesai.

Selain melaksanakan pengaspalan jalan dengan aspal semi hotmix, Desa Sukajadi saat ini tengah melaksanakan beberapa kegiatan pembangunan.

Salah satunya kegiatan padat karya normalisasi saluran irigasi Cipicung sepanjang 600 meter dan irigasi Cisukajadi sepanjang 600 meter.

“Kegiatan padat karya ini melibatkan pemberdayaan masyarakat di tiga dusun, yakni Dusun Desa, Depok dan Limus,” ucapnya.

Lebih lanjut H Emo, mengatakan, Desa Sukajadi mendapatkan berbagai program dari Pemda Ciamis diantaranya program IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) di dua titik yakni di Dusun Limus dan Dusun Depok. Di Dusun Depok IPAL disertai MCK.

“Kita juga mendapat program Bantuan dari Dinas PUPR Ciamis yakni pembangunan TPT di 4 titik saluran Cipicung dan anak Cipicung, baru dimulai hari Sabtu (27/7/2019) kemarin,” tandasnya. (Jujang/R7/HR-Online)

Loading...