Pemilik Kebun di Ciamis Kaget, Pohon Mahoni Raib Ditebang Maling

pencurian pohon mahoni di Ciamis
Tunggul pohon yang ditebang dan dicuri orang tak bertanggungjawab di Blok Hulupanyusuhan, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Selasa (9/7/2019). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Pencurian pohon mahoni di Ciamis terjadi di kebun milik Muslihin. Pemilik kebun di Ciamis tersebut kaget, pasalnya puluhan kayu mahoni yang ia tanam di atas tanah pribadinya di Blok Hulupanyusuhan, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis raib ditebang oknum tidak bertanggungjawab, Selasa (9/7/2019).

“Sebulan yang lalu itu sudah ada tukang kayu yang datang dan menawar mahoni di kebun ini, tapi saat itu ditolak, karena tidak ada niat untuk menjualnya,” kata Muslihin.  

Muslihin menduga pohon mahoni ditebang oleh orang yang sama yang pernah menawar pohon mahoni miliknya tempo hari.

“Itu bukan dugaan saja, ada warga yang bilang ditebangnya sama orang itu yang sempat datang ke sini, orang yang nawar mahoni dan ingin membelinya,” terangnya.

Muslihin menambahkan pohon mahoni yang ditebang dan dicuri oleh orang yang tak bertanggungjawab itu ada 26 pohon.  Hal itu terlihat dari bekas tunggul pohon yang tersisa di kebunnya.

“Saya kaget juga, kok bisa bisa-bisanya ada orang yang menebang pohon tanpa seizin pemiliknya,” kata dia.

Sementara Yono, kerabat Muslihin mengatakan atas kejadian tersebut, pihaknya telah melaporkan kejadian itu pada ketua BPD.  

“Sudah lapor sama ketua BPD, katanya nanti akan melapor juga ke aparat desa, tapi belum ada kejelasan sampai saat ini,” katanya.

Yono mengatakan, pencurian pohon mahoni di kebun milik kerabatnya tersebut kerugiannya mungkin tidak seberapa, tetapi Yono mengingatkan tentang adanya tindakan yang salah, yakni mencuri pohon mahoni.

“Pencurian ini bukan dilihat dari besar kecilnya ukuran kayu, tapi apa yang diperbuat si pencuri merupakan tindakan dan perbuatan yang salah. Sehingga masalah ini perlu dituntaskan, tak lain agar si pelaku bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya,” tegasnya.

Yono menambahkan, sudah mengetahui pelaku pencurian pohon mahoni di Ciamis milik kerabatnya itu. “Kalau dari keterangan warga sini kita sudah tahu siapa yang menebangnya, termasuk juga kita sudah tahu siapa yang menyuruh si penebang itu, yaitu orangnya sama denegan tukang kayu yang sempat datang menawar pohon mahoni ini,” tegasnya. (Edji/R7/HR-Online)